RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN 8
KESETIAAN
ALLAH
Nama
Sekolah : SD Negeri 064977
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VI / I (Satu)
Materi
Pokok : Kesetian Allah
Alokasi
Waktu : 3 X 35 (Menit)
A. Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan factual,
konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
dasar dan indikator pencampaian kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indicator
pencampaian Kompetensi
|
1.7.
Beriman kepada Allah dengan setia sebagi orang Kristen
|
1.7.1.
Mengakui bahwa Allah adalah suber keselamatan orang Kristen
|
2.7.
Peduli terhadap sesama manusia seperti
yang di teladankan oleh para nabi dalam melaksanakan karya keselamatan
Allah
|
2.7.1.
Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama
|
3.7.
Memahami karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabinya
|
3.7.1. Menebutkan factor-faktor
mentebabkan orang setia dan tidak
setia
3.7.2. Menyebutkan
contoh-contoh sikap yang setia
3.7.3. Merumuskan kesetiaan
Allah kepada Manusia sesuai dengan pewartaan nabi Yesaya.
3.7.4. Menjelaskan alasan
kesetiaan orang tua kepada anankya atau orang yang di kasihinya
|
4.7. Melakukan Aktifitas (misalnya: menulis
refleksi, puisi,bermain peran) tentang karya keselamatan Allah yang di
wartakan pr nabinya
|
4.7.1. Menulis
doa syukur, puisi atas kesetiaan Allah pada manusia.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu :
1.
Menyetakan iman pada Allah yang setia pada janji-Nya.
2.
Menunjukkan sikap peduli dengan setia dalam persahabatan dengan sesame
3.
Mengetahui factor yang meneybabkan orang setia dan orang tidak setia
4.
Menegtahui bagaimana contoh-contoh orang yang srtia dengan yang tidak setia
5.
Mengetahui alasan kesetian orang tua kepada anaknya dan orang yang di kasihinya
6.
Mampu menulis doa dan puisi yang bertema kesetiaan Allah
D. Materi
Pembelajaran :
“Kesetiaan
Allah”
E. Metode
Pembelajaran :
·
Pengamatan Gambar
(observasi)
·
Tanya jawab
·
Penugasan
·
Diskusi (Kerja
kelompok)
·
Dan penjelasan
F. Media
pembelajaran :
·
Teks cerita
·
Teks kitab suci
·
Dan buku siswa
G. Sumber
Belajaran :
1. Kitab
Yeremia 29:1-10; Nehemia 7:73, 8:1-7, 10-12; dan Kitab Ezra1:1-13
2. Komkat
KWI. 2010. Menjadi Sahabat Yesus:
Pendidikan Agama Katolik untuk SD Kelas VI. Yogyakarta: Kanisius.
3. Komkat
KWI. 2006. Menjadi Murid Yesus :
Pendidikan Agama Katolik untuk SD Buku Guru Kelas VI. Yogyakarta: Kanisius
4. Pengalaman
siswa dan guru
5. Lingkungan
sekitar masyarakat
6. Internet
( Tanggal akses: Judul artikel dan alamat Web Katolik) dan majalah.
H. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
O. Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa pembuka (dibawakan
oleh siswa)
Allah bapa yang Mahabaik. Enggkau sangat setia
kepada umat Israel. Engkau selalu menyertai mareka di pembuangan mereka dan
mengantar mereka kembali ke Yerusalem. Bantulah kami agar selalu percaya
kepada-Mu agar kami semakin menjadi anak-anak-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan
pengantara kami, Amin.
·
Lagu pembuka
“Indah Tanahku”
1. Indah
tanahku Indonesia, Bermandikan sinar Indonesia
Betapa besar cinta Tuhan, Kuasa-Nya mengagumkan.
Reff: Terpuji
Tuhan Allah, ia mengangkat bangsaku
Sebagai
rakyat-Nya. Agar tanahku yang indah meju terus
Atas
dasar pancasila.
2. Berbaktilah
bangsaku selalu, jangan tinggalkan umat-Mu
Agar dalam upaya kami Nampak cahaya ilahi. (Reef)
3. Tunjukkanlah
kuasa-Mu Tuhan, bimbinglah kami dengan iman
Agar sejahtera bersama menjuwai tiap karya. (Reef)
·
Apersepsi
ü Guru
mengapsen siswa.
ü Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran
minggu lalu.
Ø Kegiatan
Inti
1. Mengamati
Guru mengajak
siswa untuk membaca certa “pegang janjimu” dengan bergiliran
“pegang janjimu”
Pada suatu hari
Santo Antonius Maria Claret pergi ke gereja paroki untuk berkotbah. Tiga bandit
paling jahat mencegat dab memaksa dia. “serahkan Dompermu, atau kami akan
membunuh engakau!” kata bandit.
“sahabat yang baik, kamu boleh
mengambil hidup saya; saya tida punya uang.” Balas Antonius dengan lembut.
Bersiaplah untuk mati kata bandit. Saya tidak takut mati,” kata Antonius.’’
Saya tidak mempunyai uang untuk di berikan kepadamu, tetapi saya minta satu hal
darimu. Saya sedang pergi ke gereja terdekat unruk berkotbah.
Orang-orang
sadang menunggu saya, maka tolong berikan saya pergi dan berkotbah.dalam
perjalanan pulang kamu boleh membunuh saya.” Salah seorang bandit berkata
kepada dua orang temannya yang lain,” bagaimana kalau kita membiarkan saja
orang ini pergi?”. Tidak, “ kata seorang yang lain.” Jika ia tidak kembali,
kita semua mungkin akan masuk penjara. Lebih baik menghabiskan saja sekarang
nyawanya.” Orang suci itu mohon kepada mereka, “ saya berjaji kepadamu, saya
akan kembali bahkan sebelum jam makan siang. Tolong biarkan saya pergi dan
berkotbah akhirnya para bandit itu membiarkan dia pergi.
Setelah selesai
berkotbah, pastor itu segera kembali ke tempat itu. Tetapi, melihat orang suci
itu, sesuatu terjadi pada mereka. Kejujuran Antonius claret mengubah hati
mereka. Mereka berlutut di hadapanya dan memohon kepada orang suci itu agar
mereka. Mereka menjadi manusia baru.
·
Dan mendalami isi dari
kitab Yeremia 29:1-10; Nehemia 7:73, 8:1-7, 10-12; dan Kitab Ezra1:1-13
2. Menanya
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan cerita di
atas dan merenungkan isi dari kitab suci. Siswa diperbolehkan untu memberikan tangapan mengenai kisah Santo
Antonius dan isi kitan suci.
ü Apa
yang di alami oleh Snto Antonius Maria Claret ketika hendak berkotbah di gereja
?
ü Apa
yang mendorong Santo Antonius untuk menepati janjinya ?
ü Apa
yang menyebabkan orang setia untuk menepati janjinya ?
ü Apa
akibat orang tidak menepati janjinya ?
ü Dan
apa isi dari kitab yermia 29: 1-10; nehemia 7:73, 8:1-7 dan kitab ezra 1:1-13
ü Siapa
yang membebaskan bangsa Israel dari babilonia ?
ü Bagaimana
perasaanmu ketika dapat menepati janji?
ü Apa
akibatnya jika orang dapat menepati janjinya ?
3. Mengeksplorasi
·
Guru membentuk diskusi
kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyyaan mengenai kisah Santo Antonius da
nisi kitab suci yang telah di tanyakan oleh siswa.
·
Mencari informasi dan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan di atas.
4. Mengasosiasi
·
setiap kelompok mencari
dan merumuskan jawaban dari pertanyaan
di atas.
·
Setiap kelompok membuat
kesimpulan akan jawaban dari setiap pertanyaan-pertanyaan.
5. Mengomuniksikan
·
setiap kelompok
mempersentaskan hasil kelompoknya masing-masing
·
Guru membuat kesimpulan
dari materi yang di bahas pada pertemuan tersebut.
Ø Kegiatan
Penutup
1. Guru
memberi penghargaan terhadap kelompok yang mendapat nilai yang paling tingi.
2. Guru
memberi tugas kepada siswa untuk membuat 2 puisi dengan tema kesetiaan Allah
dan pentingnya sebuah janji (penugasan)
·
Doa penutup (dibawakan
oleh siswa)
Allah bapa yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala penyertaan-Mu kepada kami dari
awal hingga akhir pertemuan kami ini, semoga apa yang telah di ajarkan oleh
guru kami dapat bermanfaat bagi kami dan bagi masa depan kami, demi Kristus
Tuhan kami, Amin.
I I.
Penilaian
1. Sikap
Spiritual
Teknik : Penilaian Diri
Bentuk
Instrument : Lembar Penilaian
Diri
No
|
Sikap/nilai
|
Butir intrumen
|
1.
|
Beriman kepada Allah yang
melakukan karya keselamatan
|
|
2.
|
Smenyatakan
iman pada Allah yang setia pada janji-Nya
|
|
3.
|
Setia untuk
menepati janji yang pernah di ucapkan
|
|
|
2. Sikap
Social
Teknik : Penilaian Diri
Bentuk Intrumen : Lembar Penilaian Diri
No
|
Sikap/nilai
|
Butir intrumen
|
1.
|
Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama manusia
|
|
2.
|
Membantu orang
lain seperti yang di lakukan oleh raja Koresh
|
|
3. Pengetahuan
Teknik : Tertulis
Bentuk
Intrumen : Uraian
No
|
Indikator
|
Butir intrumen
|
1.
|
Menyebutkan
faktor-faktor menyebabkan orang setia dan tidak setia
|
|
2.
|
Menyebutkan
contoh-contoh sikap orang yang setia
|
|
3.
|
Merumuskan
kesetian Allah kepada manusia sesuai dengan pewartaan
|
|
4.
|
Menjelaskan
kesetiaan orang tua kepada anaknya atau orang yang di kasihinya.
|
|
4. Keterampilan
Teknik : Membuat Karya
Bentuk
Istrumen : Tertulis
No
|
Sikap/ nilai
|
Butir intrumen
|
1.
|
Menulis doa
dan puisi yang betema Kesetiaan Allah dan pentinya sebuah janji.
|
|
2.
|
Membuat
refleksi perindividu mengenai kesetian Allah
|
|
Medan,………………….
2018
Mengetahui
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………….. …………………………
NIP NIP
Minta Perangkat Pembelajaran Agama Katolik Kelas 1-6
ReplyDeleteboleh pak dawar
Deletepagi pak..boleh minta FILE RPP SD Agama Katholeik kelas 1-6. cara bagaimana
DeleteBoleh minta perangkat dr kelas 1-6 pak
Deleteboleh Pak Agung
Deletebolehkah saya minta RPP kelas 6 nya sem 1 dan 2 ito?
ReplyDeleteboleh, kurikulum tahun berapa pembelajaran Agamanya ito?
DeleteMALAM ADMIN, BOLEH MINTA PERANGKAT PEMEBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 6 SD.
ReplyDeleteBoleh, kurikulum tahun berapa?
Deletebagaimana cara download RPP AGAMA KATOLIK DARI KELAS 1- 6??
ReplyDeleteBoleh minta rpp kelas 6 semeater 1 pendidikan agama katolik. 083172767704 🙏
ReplyDeleteBoleh minta rpp kelas 6 semeater 1 pendidikan agama katolik. 083172767704 🙏
ReplyDeletemalam pak saya dari kalimantan barat, bolehkah pak saya minta rpp13 kelas 1-6.trims pak atas bantuannya
ReplyDeleteboleh kk chat wa. 085326684182
DeleteBoleh minta rpp kls 1-6 smatr 1 dan 2 k13
ReplyDeleteboleh kk
DeleteMin boleh minta folder lengkap rpp k13 dari kelas 1 sampai kelas 6 sd?
ReplyDeleteboleh kk silahkan chat wa 085326684182
Delete