RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TUGAS
-TUGAS GEREJA
Nama Sekolah : SMA Deli Murni
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XI / I (Satu)
Materi Pokok : Tugas-Tugas Gereja
Alokasi Waktu : 3 X 45 menit
I.
GEREJA YANG MENGUDUSKAN (LITURGIA)
( Pertemuan I
)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
dasar dan indicator pencampaian kompetensi
Kompetensi
dasar
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
1.7. Beriman pada Yesus Kristus sebagai pokok
iman Gereja yang memberikan peran kepada setiap anggota Gereja sesuai
kedudukannya masing-masing
|
1.7.1. Menyatakan iman pada Yesus Kristus dalam
tugas pokok Gereja, yaitu menguduskan dunia sesuai peran dalam hidup
sehari-hari
|
2.7.
Responsif dan proaktif pada Tugas
pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
2.7.1. Menyatakan sikap responsive dan proaktif
(tanggung jawab) pada tugas pokok Gereja, yaitu menguduskan dunia sebagai
murid Yesus Kristus
|
3.7. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan
kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
3.7.1. Menjekaskan tentang tugas
Gereja yang menguduskan.
3.7.2. Menjelaskan tentang
tugas dan arti doa dan liturgy dalam gereja.
3.7.3. Menjelaskan
bentuk-bentuk tugas atau tindakan
Gereja yang menguduskan melalui peayaan-perayaan sakramen dan devosi.
|
4.7.
Melakukan Aktivitas (menuliskan
refleksi/doa/puisi/membuat rangkuman) tentang keterlibatan dan perannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
4.7.1. Menuliskan refleksi tentang keterlibatan
diri dalam tugas pokok Gereja yang menguduskan sesuai degan kedudukan dan
pereannya sebagai murid Yesus kristus.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama siswa
diharapkan :
1. Berani
menyatakan Iman pada Yesus kristus dalam Tugas pokok Gereja dalam kehidupan
sehari-hari
2. Mempunyai
sikap responsive dan proaktif ( Tanggung Jawab) atas tugas pokok Gereja, seperti
murid Yesus
3. Memgetahui
tentang tugas Gereja yang menguduskan
4. Mengetahui
arti dan fungsi doa dan litirgi dalam Gereja
5. Mengetahui
bentuk-bentuk tugas atau tindakan Geraja yang menguduskan melaui
perayaan-perayaan dan Devosi
6. Mampu
menulis refleksi diri mengenai keterlibatan dalam melakukan tugas Gereja.
D. Materi
Pembelajaran :
“Tugas-Tugas Gereja”
Pertemuan I : Gereja
Yang Menguduskan ( Liturgia)
E. Metode
Pembelajaran :
·
Kateketis dan Saintifik
·
Ensikliklopedia Gereja
·
Kitab Suci (1 Ptr 2:9-10)
·
Dokumen konsilivtikan
II, Lumen Gentium art. 10, 11.
·
Iman katolik: buku informasi dan Refrensi. KWI, 1996.
Penerbit Obor
·
Katekismus
Gereja Katolik. Para Waligereja region Nusa
Tenggara percetakan Arnol ende.
·
Buku pendidikan agama
katolik : Yesus teladan hidupku, kelas XI, enerbit bina media.
G. Media
Pembelajaran :
·
Kitab suci
·
Buku siswa SMA/SMK
kelas XI, pendidikan Agama katolik dan budi pekerti
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembukaan (10 Menit)
·
Doa Pembuka (Dibawakan
Oleh Siswa)
Ya Allah yang
Maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala cinta kasih-Mu. Sehingga kami
masih bias berkumpul di ruangan kami ini dengan penuh sukacita. Bapa sebentar
lagi kami akan memulai pemebelajaran kami hadirlah engkau di tengah-tengah kami
dan lindungi lah kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
·
Apersepsi
1. Guru
mengapsen siswa
2. Guru
mengingatkan siswa mengenai pelajaran minggu lalu
b. Kegiatan
Inti
·
Mengamati
Guru mengajak siswa untuk mengamti gambar paus sebagai orang kudus dan bapa pendoa.
Gambar : https://www.google.com/search paus fransiskus.
·
Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memebrikan tanggapan dan pertanyaan terkait dengan gambar di atas. Seperti :
1. Apa
makna doa ?
2. Apa
fungi doa ?
3. Bagaimana
cara kita berdoa ?
4. Bagaimana
sikap kita berdoa ?
5. Apa
pengalamanmu dalam berdoa ?
·
Mengeksplorasi
1. Guru
mengajak siswa untuk membaca teks kitab suci dengan tema (Yesus mengajarkan
doa. Matius 6:5-13)
2. Guru mengajak siswa untuk mendalami kitab suci
denga beberapa pertanyaan:
a. apa yng
dikisahkan dalam teks kitab suci ?
b.
apa yang di ajarka Yesus kepada kita tentang berdoa ?
c.
bagaiman kita seharusnya berdoa menurut Yesus ?
·
Mengasosiasi
Guru mengajak siswa melakukan kegiatan berikut :
1. Siswa
membuat kesimpulan atas pelajaran yang
telah diikutinya.
2. Siswa
menyusun refleksi tentang hidup kudus yang dapat di lakukan dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mengkomunikasikan
1. Siswa
mempersentasikan hasil refleksinya di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup
·
Doa penutup (dibawa oleh
siswa)
Ya Tuhan yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas penyertaanmu kepada kami dari awal
hingga akhir pertemuan ini. Sentar lagi kami akan kembali ke rumah kami
masing-masing, berkatilah perjalanan kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
Evaluasi
. Tes
Sikap Spiritual
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya selalu berdoa pagi secara
pribadi
|
|||
2.
|
Saya selalu berdoa saat Angelus
|
|||
3.
|
Saya selalu mengikuti perayaan
misa pada hari minggu dan pada perayaan hati raya.
|
|||
4.
|
Saya selalu membuat tanda salib
saat memulai suatu kegiataan
|
|||
5.
|
Saya selalu ikut berdoa secara
kelompok di linkungan / umat basis
|
2. Tes
Sikap Sosial
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan sosialmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bertanggung jawab dalam
kegiatan social kemasyarakatan di lingkungan tempat saya tinggal
|
||
2.
|
Saya selalu berempati dengan
sesama yang sedang mengalami musibah
|
||
3.
|
Saya selalu berkata jujur saat
bersaksi kepada sesame
|
||
4.
|
Saya selalu berkata jujur saat
bersaksi kepada sesame
|
||
5.
|
Saya selalu mengakui kesalahan
apabila bersalah dalam melakukan suatu tindakan pada sesame.
|
3. Tes
Pengetahuan
Bentuk
: Uraian
Jawablah
secara singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan brtikut ini :
a. Jelaskan
ajaran Yesus tentang doa
b. Jelaskan
tugas Gereja yang menguduskan !
c. Jelaskan
Arti dan fungsi doa liturgy dalam gereja!
d. Jeaskan
bentuk-bentuk tugas atau tindakan Gereja melalui perayaan-prayaan dan melaui
Devosi!
e. Sebutkan dan berilah 5 contoh cara hidupmu yang
menguduskan dunia !
4. Tes
Keterampilan
Bentuk
: Kinirja
Tulislah
refeksi tentang keterlibatan diri dalam tugas pokok Ggereja yang menguduskan,
sesuai dengan kedudukan dan peran murid Yesus.
Format penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maximal
|
1.
|
Stuktur jelas: ada pengantar/
pembuka/ isi, dan penutup
|
30
|
2.
|
Isi refleksi sesuai dengan tema
|
50
|
3.
|
Bahasa dan kata tepat, jelas,
dan bias dipahami.
|
20
|
Skor maksimal
|
100
|
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
( ) ( )
Guru
Pamong Kepala Sekolah
( )
(
)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
4
TUGAS
-TUGAS GEREJA
Nama Sekolah : SMA Deli Murni
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : Xi / I (Satu)
Materi Pokok : Tugas-Tugas
Gereja
Alokasi Waktu : 3 X 45 (Menit)
II.
GEREJA YANG MEWARTAKAN
(KERYGMA)
(Pertrmuan II)
A.
Kompetensi
Inti
`KI
1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencampaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.7. Beriman pada Yesus Kristus sebagai pokok
iman Gereja yang memberikan peran kepada setiap anggota Gereja sesuai
kedudukannya masing-masing
|
1.7.1. Menyatakan sikap iman kepada Yesus kristus,
mewartakan Yesus dan injilnya dalam kehidupan sehari-hari
|
2.7.
Responsif dan proaktif pada Tugas
pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
2.7.1. Menyatakan sikap responsive dan proaktif
(tanggung jawab) pada tugas pewartaan injil Yesus Kristus
|
3.7. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan
kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
3.7.1. Menjekaskan tentang tugas Gereja yang
mewartakan.
3.7.2. Menjelaska pesan pook injil Mt 28:16-20
dalam kaitanya denhan tugas pewartaan Gereja.
3.7.3. Mendeskripsikan bentuk-bentuk pewartaan
dalam gereja katolik.
3.7.4. Menjelaskan peranan magisterium atau
wewenang mengajar.
|
4.7.
Melakukan Aktivitas (menuliskan
refleksi/doa/puisi/membuat rangkuman) tentang keterlibatan dan perannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
4.7.1. Menuliskan refleksi tenteng keterlibatan
diri dalam tugas pokok Gereja yang mewartakan sesuai degan kedudukan dan
pereannya sebagai murid Yesus kristus.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu :
1. Menyataan
sikap iman terhadap Yesus kristus dan mewartakan inji dalam kehidupan
sehari-haari.
2. Memiliki
tanggung jawab dalam tugas pewartaan
3. Mengetahui
makna tugas mewartakan dalam gereja
4. Mengetahui
pesan dari inil Matius 28: 16-20
5. Menegtahui
bentuk-bentuk pewartaan dala Gereja katoik
6. Menegetahui
peran dari Magisterium atau wewenang mengajar
7. Mempu
membuat refleksi dengan tema tugas pewartaan.
D. Materi
Pembelajaran :
“Tugas-Tugas
Gereja”
Pertemuan
II : Gereja Yang Mewartakan (Kerygma)
E. Metode
Pembelajaran :
·
Katekeris Dan Saintifik
F F. Sumber
Belajar :
·
Iman katolik: buku informasi dan Refrensi. KWI, 1996.
Penerbit Obor
·
Katekismus
Gereja Katolik. Para Waligereja region Nusa
Tenggara percetakan Arnol ende
·
Petunjuk umum katekese
·
Evangelii Nuntiandi
·
Kitab hokum kanonik
G. Media
Pembelajaran :
·
Kitab suci
·
Buku siswa SMA/SMK
kelas XI, pendidikan Agama katolik dan budi pekerti
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembuka (10 Menit)
·
Doa Pembuka (Dibawakan
Oleh Siswa)
Ya Allah yang
Maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala cinta kasih-Mu. Sehingga kami
masih bias berkumpul di ruangan kami ini dengan penuh sukacita. Bapa sebentar
lagi kami akan memulai pemebelajaran kami hadirlah engkau di tengah-tengah kami
dan lindungi lah kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
·
Apersepsi
1. Guru
mengapsen siswa
2. Guru
mengingatkan siswa mengenai pelajaran minggu lalu
b. Kegiatan
Inti
·
Mengamati
Guru mengajak siswa untuk membaca teks kitab suci.
Perintah untuk
memberitakan Injil
(Mat
28:16-20)
Dan kesebelas
murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukan Yesus kepada
mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahnya, tetap beberapa orang ragu-ragu.
Yesus mendekati mereka dan berkata : kepadaku teah di berikan kuasa di
sorga dan di bumi.
Karena itu
pergilah dan jadikan semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama bapa
dan anak dan roh kudus, Dan ajarlah mereka melakukan sesuatu yang telah ku
perintakahkan kepadamu, dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai
kepada akhir zaman.
·
Menanya
Guru mengajak siswa berdialog untuk mengetahui dan
mendalami isi dan pesan dari injil di atas.
1. Apa
yang disampaikan Yesus dalam kisah injil tadi ?
2. Apa
pewartaan injil itu ?
3. Apa
saja bentuk pewartaan ?
·
Mengumpulkan informasi
Guru mengajak siswa untuk menyimak kutipan ajaran
Gereja tentang pewartaan.
Lumen Gentium Art 17
Sebab seperti
putra di utus oleh bapa, begitu pula ia sendiri mengutus para rasul (Yoh
20:21), sabdanya : “ pergilah, ajarilah semua bangsa, dan baptislah mereka atas
nama Bpa dan Anaka dan Roh kudus, dan ajarlah mereka menaati segala sesuatu
yang telah keperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah , aku menyertai kamu
senantiasa samapai akhir zaman (mat 28:19-20).
Perintah resmi kristus mewartakan kebenaran
yang menyelamatkan itu oleh Gereja di terima dari para rasul, dan harus
dilaksanakan sampai ujung bumi (kis 1:8). Maka gereja mengambil alih sabda
Rasul: “ celakalah aku, jika aku tidak memberitakan injil (1. Kor 9:16). Maka
dari itu gereja harus terus menerus mengutus para pewarta. Gereja –gereja baru
terbentuk sepenuhnya, dan mereka sendiri pun melanjutkan karya pewartaab injil.
Guru mengajak siswa untuk berdialog tentang Ajaran
Geraja.
1. Apa
dasarnya Gereja menjadi pewartaan injil menurut Lumen Gentium art 17 ?
2. Apa
maksud peryataan para rasul : celakalah aku jika aku tidak memberitakan injil
3. Sebagai
anggota gereja apa yang dapat kalian lakukan sebagai pewarta injil kristus.
·
Mengasosiasi
Guru mengajak siswa melakukan kegiatan berikut :
1. Siswa
meyimpulkan pelajaran tentang “Gereja Yang Mewartakan” (kerygma)
2. Siswa
membuat sebuah reflkesi tentang menjadi
pewartaan dalam hidup sehar-hari.
·
Mengomunikasikan
Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil
refleksinya :
1. Membacakan
hasil refleksinya di dapan kelas
2. Siswa
memajangkankan refleksinya di madding menjadi pewarta dalam hidup
keseharia-hari.
c. Kegiatan
Penutup
·
Doa Penutup
Ya Tuhan yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas penyertaanmu kepada kami dari awal
hingga akhir pertemuan ini. Sentar lagi kami akan kembali ke rumah kami
masing-masing, berkatilah perjalanan kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
Evaluasi
1. Tes
Sikap Spiritual
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya beriman kepada Yesus
sebagai Tuhan dan juru selamat
|
|||
2.
|
Saya beriman kepada Yesus dan
siap selalu menjadi pewarta-Nya dalam hidup saya
|
|||
3.
|
Saya beriman pada Yesus, maka
saya berani menunjukan identitas sebagai orang katolik dalam pergaulan di
masyarakat.
|
|||
4.
|
Saya berimn kepada Yesus maka
saya akan tekun beriman dan berdoa.
|
|||
5.
|
Saya percaya bahwa Yesus yang
selalu menyertai saya setiap waktu
|
2. Tes
Sikap Sosial
Bentuk : Penilaian Diri
Berilah tanda contreng/
benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata dalam kehidupan
religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya bertanggung jawab dalam
perkataan dan perbuataan
|
|||
2.
|
Saya bertanggung jawab atas tugas yang
di berikan kepada saya, baik dari orang tua maupun guru.
|
|||
3.
|
Saya selalu siap menolong
sesame yang membutuhkan tanpa melihat latar belakang atau asal-usulnya
|
|||
4.
|
Saya bertanggung jawab dalam kegiatan
bersama di sekolah
|
|||
5.
|
Saya proaktif mengikuti
kegiatan kerja social atau gotong royong di lingkungan tempat saya tinggal.
|
3. Tes
Pengetahuan
Bentuk:
Uraian
Jawablah
secara singkat dan jelas pertanyaan pertanyaan berikut ini.
a. Jelaskan
makna tugas gereja yang mewartakan menurut LG 17 !
b. Jelaskan
pesan pokok injil matius 28:16-20 !
c. Jelaskan
bentuk-bentuk pewartaan dalam geraja katolik.!
d. Jelaskan
peran magisterium atau wewenang mengajar dalam LG 17 !
4. Tes
Keterampilan
Bentuk
: Kinirja
Tulislah
refeksi tentang keterlibatan diri dalam tugas pokok Ggereja yang menguduskan,
sesuai dengan kedudukan dan peranya muris Yesus.
Format
penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maximal
|
1.
|
Stuktur jelas: ada pengantar/
pembuka/ isi, dan penutup
|
30
|
2.
|
Isi refleksi sesuai dengan tema
|
50
|
3.
|
Bahasa dan kata tepat, jelas,
dan bias dipahami.
|
20
|
Skor maksimal
|
100
|
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
(Johannes Lumbanbatu, M.Th) ( )
Guru
Pamong Kepala Sekolah
( )
(
)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
4
TUGAS
-TUGAS GEREJA
Nama Sekolah : SMA N.1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : Xi / I (Satu)
Materi Pokok : Tugas-Tugas
Gereja
Alokasi Waktu : 3 X 45 (Menit)
III.
GEREJA YANG MENJADI
SAKSI KRISTUS (MARTYRIA)
(Pertemuan
III)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencampaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.7. Beriman pada Yesus Kristus sebagai pokok
iman Gereja yang memberikan peran kepada setiap anggota Gereja sesuai
kedudukannya masing-masing
|
1.7.1. Menyatakan sikap iman kepada Yesus dengan
mau menjadi saksi Yesus dalam kehidupan sehari-hari
|
2.7.
Responsif dan proaktif pada Tugas
pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
2.7.1. Menyatakan sikap responsive dan proaktif
(tanggung jawab) sebagai saksi dalam
Yesus Kristus hidup sehari-hari
|
3.7. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan
kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
3.7.1. Menjekaskan tentang menjadi saksi Kristus menurut
KIS 7:51-60
3.7.2. Menjelaskan arti tugas gereja menjadi saksi
kristus
3.7.3. Menjelaskan makna kemartiran dalam agama
katolik
3.7.4. Menyebutka 3 contoh martir atau saksi-saksi
zaman sekarang
3.7.5. Menjelaskan
partisipasi menjadi saksi
kristus pada zaman sekarang ini
|
4.7.
Melakukan Aktivitas (menuliskan
refleksi/doa/puisi/membuat rangkuman) tentang keterlibatan dan perannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
4.7.1. Menuliskan refleksi tenteng keterlibatan
diri dalam tugas pokok Gereja yang menjadi saksi Kristus sesuai degan
kedudukan dan pereannya sebagai murid Yesus kristus.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu :
1. Menyataan
sikap iman terhadap Yesus kristus dan menjadi saksi kristus dalam kehidupan
sehari-haari.
2. Memiliki
tanggung jawab dalam menjadi saksi Kristus
3. Mengetahui
makna tugas Gereja menjadi saksi Kristus
4. Mengetahui
pesan dari inil Matius 28: 16-20
5. Menegtahui
makna kematiran dalam gereja katolik
6. Menegetahui
3 contoh martir dan 3 saksi-saksi pada zaman sekarang ini/
7. Mempu
membuat refleksi dengan tema tugas pewartaan.
D. Materi
Pembelajaran :
“Tugas-Tugas Gereja”
Pertemuan
Ke III : Gereja Yang Menjadi Saksi Kristus (Martyria)
E. Metode
Pembelajaran :
·
Cerita,
Shering,Dialog,Ceramah,Penugasan
F F. Sumber
Belajar :
·
Cerita kehidupan (A.de
Mello)
·
Bidang kesaksian hidup
kristiani
·
Ensikliklopedia
orang kudus. 1985. Penerbil cipta local caraka
G. Media
Pembelajaran :
·
Kitab suci
·
Buku siswa SMA/SMK,
Kelas XI, pendidikan agama katolik dan
budi pekerti
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembuka (10 Menit)
·
Doa Pembuka (Di Pmpin
Oleh Siswa)
Ya Allah yang
Maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala cinta kasih-Mu. Sehingga kami
masih bias berkumpul di ruangan kami ini dengan penuh sukacita. Bapa sebentar
lagi kami akan memulai pemebelajaran kami hadirlah engkau di tengah-tengah kami
dan lindungi lah kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
·
Apersepsi
1. Guru
mengapsen siswa
2. Guru
mengingatkan siswa mengenai pelajaran minggu lalu.
b. Kegiatan
Inti
·
Mengamati
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu.
Jadilah saksi kristus (MB. 455)
1. Sesudah
dirimu di selamatkan, jadilah saksi kristus
Cahaya hatimu jadi terang, jadilah
saksi keristus
Tujuan hidupmu jadi nyata, jadilah
saksi kristus
2. Bagi
yang di timpa azad duka, jadilah saksi kristus
Bagi yang di landa putus asa, jadilah saksi kristus
Bzgi yang di dera, jadilah saksi kristus.
3. Dalam
membangun masyarakat, jadilah saksi kristus
Dalam neingkatkan nasif rakyat, jadilah saksi
kristus
Dalam membagikan seluruh semangat, jadilah saksi
kristus.
·
Menanya
Guru mengajak siswa berdiskusi tentang syair lagu
yang telah di nyanyikan.
1. Apa
makna saksi dalam hidup kita ?
2. Apa
makna menjadi saksi yesus ?
·
Mengumpulkan infomasi
Guru mengajak siswa untuk membaca Kitab Kisah Para
Rasul 7:51-61 dan 8 : a1 (Stefanus
Dibunuh)
·
Mengasosiasi
Guru membantu siswa untuk :
1. Siswa
membuat kesimpulan atas pelajaran yang telah di dapatkan.
2. Siswa
menulis refleksi tentang upayanya menjadi saksi Yesus Kristus.
·
Mengkomunikasikan
Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil
refpleksinya.
1. Siswa
menceritakan refleksi yang telah di tulisnya dalam keolmpok kecil.
2. Siswa
memajang hasil refleksinya di madding atau di tempat lain di sekitar kelas.
c. Kegiatan
Penutup
·
Doa Penutup
Ya Tuhan yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas penyertaanmu kepada kami dari awal hingga
akhir pertemuan ini. Sentar lagi kami akan kembali ke rumah kami masing-masing,
berkatilah perjalanan kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
Evaluasi
1. Tes
Sikap Spiritual
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya beriman kepada Yesus dan
siap menjadi saksi-Nya dalam hidup saya
|
|||
2.
|
Saya selalu membuat tanda salib
sebelum dan sesudah makan di tempat umum
|
|||
3.
|
Saya sering memberikan
kesaksian bahwa Yesus adalah Tuhan, juru selamat Manusia
|
|||
4.
|
Saya berani bersaksi kepada
sesame bahwa yesus senantiaa menoling saya saat belajar
|
|||
5.
|
Saya percaya kepa Tuhan yang
akan senantiasa melindungi saya setiap wakyu, maka saya mau menjadi saksi
hidup bagi yesus
|
2. Tes
Sikap Sosial
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah tanda contreng/
benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata dalam kehidupan
religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya selalu mau menolong teman
dalam belajar, terutama yang sering gagal dalam ujian
|
|||
2.
|
Saya berempati pada sesame yang sedang di timpa kesusahan
|
|||
3.
|
Saya mau menyadarkan teman yang
berkata tidak jujur
|
|||
4.
|
saya mau menjadi pendamai bagi
teman saya yang bermusuhan
|
|||
5.
|
Saya selalu mau memaafkan orang
yang berbuat salah kepada saya
|
3. Tes
Pengetahuan
Bentuk
: Uraian
Jawablah
secara singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan berikut :
a. Jelaskan
makna menjadi saksi kristus menurut Kis 7 :51-60 !
b. Jelaaskan
arti tugas Gereja katolik !
c. Jelaskan
makma kemartiran dalam gereja katolik!
d. Sebut
dan jelaskan 3 contoh kemartiran pada zaman sekarang
4. Tes
Keterampilan
Bentuk
: Kinirja
Tulislah
refeksi tentang keterlibatan diri dalam tugas pokok Ggereja yang menguduskan,
sesuai dengan kedudukan dan peranya muris Yesus.
Format
penilaian :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor Maximal
|
1.
|
Stuktur jelas , ada pengantar/
pembuka/ isi, dan penutup
|
30
|
2.
|
Isi refleksi sesuai dengan tema
|
50
|
3.
|
Bahasa dan kata tepat, jelas,
dan bias dipahami.
|
20
|
Skor Maksimal
|
100
|
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
(Johannes
Lumbanbatu, M.Th) (
)
Guru
Pamong Kepala Sekolah
( )
(
)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
4
TUGAS
-TUGAS GEREJA
Nama Sekolah : SMA N.1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XI/ I (Satu)
Materi Pokok : Tugas-Tugas
Gereja
Alokasi Waktu : 3 X 45 (Menit)
IV.
GEREJA YANG MEMBANGUN
PERSEKUTUAN (KOINONIA)
(Pertemuan IV)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencampaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.7. Beriman pada Yesus Kristus sebagai pokok
iman Gereja yang memberikan peran kepada setiap anggota Gereja sesuai
kedudukannya masing-masing
|
1.7.1. Menyatakan sikap iman kepada Yesus dengan
berniat ikut membangun persatuan umat
|
2.7.
Responsif dan proaktif pada Tugas
pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
2.7.1. Menyatakan sikap responsive dan proaktif
(tanggung jawab) untuk ikut membangun persatuan dalam hidup bermasyarakat.
|
3.7. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan
kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
3.7.1. Menjekaskan makna persekutuan menurut kis
4:32-37
3.7.2. Menjelaskan arti tugas gereja dalam
membentuk persatuan
3.7.3. Menjelaskan makna komunitas basis Gerejani
3.7.4. Menjelaskan ciri-ciri komunitas gerejani
3.7.5. Menjelaskan fungsi komunitas gerejani
3.7.6. Menjelaskan upaya-upaya menembangkan
komunitas basis gerejani.
|
4.7.
Melakukan Aktivitas (menuliskan
refleksi/doa/puisi/membuat rangkuman) tentang keterlibatan dan perannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
4.7.1. Menuliskan refleksi tenteng keterlibatan
diri dalam tugas pokok Gereja yang menjadi saksi Kristus sesuai degan
kedudukan dan pereannya sebagai murid Yesus kristus.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu :
1. Menyataan
sikap iman terhadap Yesus serta ikut
membangun persektuan umat.
2. Memiliki
tanggung jawab dalam membangun
kebersamaan dan persatuan umat gerejani
3. Mengetahui
makna persekutuan umat menurut kis 4 :32-37
4. Mengetahui
pengertian dari komunitas basis Gerejani
5. Menegtahui
ciri-ciri komunikasi basis Gerejani
6. Mengetahui
fungsi komunitas basis Gerejani
7. Mempu
membuat refleksi dengan tema tugas pewartaan.
D. Materi
Pembelajaran :
“Tugas-Tugas Gereja”
Pertemuan Ke IV : Gereja Yang
Membangun Persekutuan (Koinonia)
E. Metode
Pembelajaran :
·
Kateketis dan Saintifik
F F . Sumber
Belajar :
·
Iman katolik: buku informasi dan Refrensi. KWI, 1996.
Penerbit Obor
·
Katekismus
Gereja Katolik. Para Waligereja region Nusa
Tenggara percetakan Arnol ende
·
Kitab suci
·
Pengelaman siswa
G. Media
Pembelajaran :
·
Kitab Suci
·
Buku siswa SMA/SMK,
Kelas XI, pendidikan agama katolik dan
budi pekerti
·
Gambar
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembuka (10 menit)
·
Doa Pembuka (Dibawakan Oleh Siswa)
Ya Allah yang
Maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala cinta kasih-Mu. Sehingga kami
masih bias berkumpul di ruangan kami ini dengan penuh sukacita. Bapa sebentar
lagi kami akan memulai pemebelajaran kami hadirlah engkau di tengah-tengah kami
dan lindungi lah kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
·
Apersepsi
1. Guru
mengapsen siswa
2. Guru
mengingatkan siswa mengenai pelajaran minggu lalu
b. Kegiatan
Inti.
·
Mengamati
Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar di bawah
ini.
·
Menanya
1. Guru
mengajak siswa untuk melihat kegiatan apa yang terjadi pada gambar tersebut.
2. Apa yang di maksud dengan persekutuan atau
persekutuan umat Allah
·
Mengumpulkan Informasi
1. Guru
mengajak siswa utuk menyimak teks kitab suci, yang di ambil dari kiab kisah
para rasul 4:32-37
2. Guru
memberikan beberapa pertanyaan, misalnya :
a. Apa
yang dikisahkan dalam cerita kitab suci di atas
b. Apa
arti persekutuan menurut kitab suci ?
c. Apa
ciri dan fungsi persekutuan umat?
·
Mengasosiasi
1. Guru
mengajak siswa untuk :
a. Menyimpuklan
bersama pelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Menuliskan
sebuah refleksi tentang keterlibatan dalam persekutuan umat.
·
Mengkomunikasikan
Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil
refleksinya.
1. Siswa
menceritakan hasil refleksinya yang berhunungan dengan tema yang telah di
pelajari
2. Siswa
memajang hasil refleksinya di madding.
c. Kegiatan
Penutup
·
Doa Penutup (Dibawakan
Oleh Siswa)
Ya Tuhan yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas penyertaanmu kepada kami dari awal
hingga akhir pertemuan ini. Sentar lagi kami akan kembali ke rumah kami
masing-masing, berkatilah perjalanan kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
Evaluasi
1. Tes
Sikap Spiritual
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya beriman kepada Yesus, maka
saya siap mendukung persekutuan umat beriman katolik di tempat saya berada
|
|||
2.
|
Saya selalu ikut doa dalam
keluarga
|
|||
3.
|
Saya selalu aktif dalam doa lingkungan dan
doa komunitas
|
|||
4.
|
Saya selalu menghadiri Ekaristi
bersama umat separoki
|
|||
5.
|
Saya mendukung teman-teman yang
melakukan kegiatan rohani, seperti kegiatan doa
|
2. Tes
Sikap Sosial
Bentuk : Penilaian Diri
Berilah tanda contreng/
benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata dalam kehidupan
religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya selalu proaktif membangun
persaudaran dengan semua orang
|
|||
2.
|
Saya selalu mendengarkan nasiha
t otang tua dan guru untuk kebaikan bersama
|
|||
3.
|
Saya mau menolong orang orang
membutuhkan pertologan
|
|||
4.
|
Saya senang saat diajak
untukpertemuan keluarga
|
|||
5.
|
Saya menyimpan gadget saya
ketia sedang mengikuti pertemuan keluarga.
|
3. Pengetahuan
Bentuk
: Uraian
Jawab
secara singkat dan jelas pertanyaan-pertanaan berikut.
a. Jelaskan
persekutuan menurut Kis 4:32-37 !
b. Jelaskan
makna komunitas basis gerejani!
c. Jelaskan
ciri-ciri dan fungsi komunitas basis gerejani !
d. Jelaskan
upaya-upaya untuk membangun komunitas basis Gerejani !
4. Tes
Keterampilan
Bentuk
: Kinirja
Tulislah
refeksi tentang keterlibatan diri dalam tugas pokok Ggereja yang menguduskan,
sesuai dengan kedudukan dan peranya muris Yesus.
Format
penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maximal
|
1.
|
Stuktur jelas: ada pengantar/
pembuka/ isi, dan penutup
|
30
|
2.
|
Isi refleksi sesuai dengan tema
|
50
|
3.
|
Bahasa dan kata tepat, jelas,
dan bias dipahami.
|
20
|
Skor maksimal
|
100
|
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
(Johannes Lumbanbatu, M.Th) ( )
Guru
Pamong Kepala Sekolah
( )
(
)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
4
TUGAS
-TUGAS GEREJA
Nama Sekolah : SMA N.1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : Xi / I (Satu)
Materi Pokok : Tugas-Tugas
Gereja
Alokasi Waktu : 3 X 45 (Menit)
V.
GEREJA YANG MELAYANI
(DIAKONIA)
(Pertemuan V)
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagau lingkungan social dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahani dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan pendekatan
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesiik sesuai dengan berkat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Menelola,
mengajar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan sari yang di pelajari di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmian.
B. Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencampaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.7. Beriman pada Yesus Kristus sebagai pokok
iman Gereja yang memberikan peran kepada setiap anggota Gereja sesuai
kedudukannya masing-masing
|
1.7.1. Menyatakan sikap iman dengan semangat gereja
yang melayani
|
2.7.
Responsif dan proaktif pada Tugas
pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
2.7.1. Menyatakan sikap responsive dan proaktif
(tanggung jawab) unyuk melayani di lingkungan masyarakat.
|
3.7. Memahami tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan
dan perananya sebagai murid Yesus
Kristus
|
3.7.1. Mendripsikan pesan dari injil MRK 10:35-45 dengan semangat untuk melayani
3.7.2. Menjalankan Tugas sebagai Murid Yesus
3.7.3. Menjelaskan ciri- ciri pelayanan Gereja
3.7.4. Menyebut macam-macam bentuk pelayanan
gereja katolik
3.7.5. Menceritakan tokoh-tokoh yang mencurahkan
hidupnya pada pelayanan gereja
3.7.6. Mendeskripsikan bentuk partisipasi dalam
tugas pelayanan
|
4.7.
Melakukan Aktivitas (menuliskan
refleksi/doa/puisi/membuat rangkuman) tentang keterlibatan dan perannya
sebagai murid Yesus Kristus
|
4.7.1. Menuliskan refleksi tenteng keterlibatan
diri dalam tugas pokok Gereja yang menjadi saksi Kristus sesuai degan
kedudukan dan pereannya sebagai murid Yesus kristus.
|
C. Tujuan
Pembelajaran.
Siswa
diharapkan mampu :
1. Menyataan
sikap iman terhadap Yesus serta semangat
untuk pelayanan gereja.
2. Memiliki
tanggung jawab untuk saling melayani
3. Mengetahui
makna pelayanan menurut mrk 10:35-45
4. Mengetahui
tugas pelayanan dalam gereja katolik
5. Menegtahui
ciri-ciri pelayanan dalam gereja katolik
6. Mengetahui
fungsi pelayanan dalam gereja katolik
7. Mempu
membuat refleksi dengan tema tugas pewartaan.
D . Materi
Pembelajaran :
“Tugas-Tugas Gereja”
Pertemuan Ke V : Gereja
Yang Melayani (Diakonia)
E. Metode
Pembelajaran :
·
Kateketis dan Saintifik
F F. Sumber
Belajar :
·
Iman katolik: buku informasi dan Refrensi. KWI, 1996.
Penerbit Obor
·
Katekismus
Gereja Katolik. Para Waligereja region Nusa
Tenggara percetakan Arnol ende
·
Kitab suci Mrk 10:35-45
·
Dokumen konsili vatikan
II
G. Media
Pembelajaran :
·
Kitab suci
·
Buku siswa SMA/SMK,
Kelas XI, pendidikan agama katolik dan
budi pekerti
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pembuka
·
Doa Pembuka
(Dibawakan Oleh Siswa)
Ya Allah yang
Maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas segala cinta kasih-Mu. Sehingga kami
masih bias berkumpul di ruangan kami ini dengan penuh sukacita. Bapa sebentar
lagi kami akan memulai pemebelajaran kami hadirlah engkau di tengah-tengah kami
dan lindungi lah kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
·
Apersepsi
1. Guru
mengapsen siswa
2. Guru
mengingatkan siswa mengenai pelajaran minggu lalu
b. Kegiatan
Inti
·
Mengamati
1. Guru
mengajak siswa untuk mebaca kisah tentang “Santa Angela Merici” secara
bergantian.
·
Menanya
Guru mengajak siswa untuk berdialok
mengenai kisah tersebut, seperti :
1. Siapakah
santa Angela merici ?
2. Apa
yang telah dilakukan selama hidupnya ?
3. Teladan
apa yang dapat kamu ikuti ?
4. Apa
makna melayani dalam hidup mengereja ?
5. Apa
arti tugas gereja yang melayani ?
·
Mengumpulkan informasi
Guru mengajak siswa untuk membaca
teks kitab suci (mrk 10 : 35-45)
Guru mengajak siswa untuk mendalami
pengetahuan dari kitab sucitersebut,
1. Apa
isi atau pesan kitab suci di atas ?
2. Bagaimana
sikap yang di ajarkan Tuhan yesus kepada kita ?
3. Apa
pelayananmu sebagai anak di rimah ?
·
Mengasosiasi
Guru mengajak siswa untuk :
1. Meyimpulan
pelajaran yang telah di teriama.
2. Siswa
menuis refleksi tentang pengalan dirinya menelandan Ysus dalam sikap melayani.
·
Mengkomunikasikan
Guru mengajak siswa :
1. Siswa
menceritakan hasil refleksinya
2. Siswa
memajang hasil refleksinya di madding
c. Kegiatan
Penutp
·
Doa Penutup
Ya Tuhan yang
maha baik, kami bersyukur ya Tuhan atas penyertaanmu kepada kami dari awal
hingga akhir pertemuan ini. Sentar lagi kami akan kembali ke rumah kami
masing-masing, berkatilah perjalanan kami, demi Kristus Tuhan kami, Amin.
Evaluasi
1. Tes
Sikap Spiritual
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya beriman kepada Yesus, maka
saya siap melayani dengan setia seperti Yesus
|
|||
2.
|
Saya selalu melayani kegiatan
rohani di lingkuan rumah
|
|||
3.
|
Saya selalu aktif dalam tugas pelayanan di
gereja.
|
|||
4.
|
Saya siap meakukan tugas
pelayanan di sekilah
|
|||
5.
|
Saya mendukung teman saya dalam
OMK untu berdoa bersama
|
2. Tes
Sikap Sosial
Bentuk
: Penilaian Diri
Berilah
tanda contreng/ benar pada jawaban “ya” atau “tidak” sesuai pengalama nyata
dalam kehidupan religiusmu.
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Saya selalu pro aktif melayani
sesame
|
|||
2.
|
Saya selalu siap dan rendah
hati melayani orangtua yang meminta bantuam
|
|||
3.
|
Saya mau melayani sesam yang membutuhkan
pertonongnn
|
|||
4.
|
Saya siap melayani bapak/ ibu
yang membutuhkan pertolongan
|
|||
5.
|
Saya pro aktif terhadap teman
yng membutuhan pertolongan
|
3. Pengetahuan
Bentuk
: Uraian
Jawab
secara singkat dan jelas pertanyaan-pertanaan berikut.
a. Jelaskan
pesan injil markus 10 :3-45 !
b. Jelaskan
tugas pelayanan sebagai murid yesus !
c. Jelaskan
ciri-ciri pelayanan !
d. Sebutkan
dan jelaskan bentuk-bentuk pelayanan !
e. Jelaskanlah
bentuk partisepasi dalam tugas mengereja !
f. Sebutkan
dan jelasjan 1 tokoh gereja yang hidupnya melayani Tuhan !
4. Tes
Keterampilan
Bentuk
: Kinirja
Tulislah
refeksi tentang keterlibatan diri dalam tugas pokok Ggereja yang menguduskan, sesuai
dengan kedudukan dan peranya muris Yesus.
Format
penilaian :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor Maximal
|
1.
|
Stuktur jelas: ada pengantar/
pembuka/ isi, dan penutup
|
30
|
2.
|
Isi refleksi sesuai dengan tema
|
50
|
3.
|
Bahasa dan kata tepat, jelas,
dan bias dipahami.
|
20
|
Skor Maksimal
|
100
|
Mengetahui
Dosen Pembimbing Guru Mata
Pelajaran
(Johannes Lumbanbatu, M.Th) ( )
Guru
Pamong Kepala Sekolah
( )
(
)
No comments:
Post a Comment