Thursday, May 3, 2018

RPP Kelas V SD Pendidikan dan Pengajaran agama katolik Kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                       : SD Negeri 064977
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                      : V/I
Materi Pokok                         : Laki-Laki dan Perempuan Sederajat
Lokasi Waktu                        : 4 x 35 menit (2 x Pertemuan)
  

      A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

      B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIANNYA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.3 Bersyukur atas lawan jenis sebagai patner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi.
1.3.1 Mengungkapan rasa bangga atas dirinya sebagai laki-laki atau perempuan yang sederajat.
2.3 Santun terhadap lawan jenis sebagai patner yang sederajat untuk saling melengkapi.
2.3.1 Menghormati lawan jenis sebagaimana menghormati dirinya.
3.3.1 Memahami lawan jenis sebagai patner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi.
3.3.1 Memahami arti sebagai laki-laki dan perempuan sederajat.
3.3.2   Memahami peran sosial laki-laki dan perempuan yang menunjukkan kesederajatan.
4.3.1 Melakukan aktivitas (misalnya kerja sama dalam suatu kegiatan,permainan bersama,menulis refleksi,puisi) yang menunjukkan sikap menghormati lawan jenis sebagai anugerah Allah.
4.3.1 Membuat poster tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan sebagai citra Allah.

  

         C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah mempelajari “ Laki-laki dan Perempuan sederajat”,peserta didik mampu:
·         Mengungkapkan rasa bangga atas dirinya sebagi laki-laki atau perempuan yang sederajat.
·         Menghormati lawan jenis sebagaimana menghormati dirinya.
·         Memahami arti laki-laki dan perempuan sederajat.
Pertemuan 2
Setelah mempelajari “ Laki-laki dan Perempuan sederajat”,peserta didik mampu:
·         Memahami peran sosial laki-laki dan perempuan yang menunjukkan kesederajatan.
·         Membuat poster tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan sebagi citra Allah.

           D. MATERI PEMBELAJARAN
“ Laki-laki dan Perempuan sederajat ”

       E.  METODE PEMBELAJARAN
Menyanyi, Penungasan, Tanya jawab, Memberi informasi, Refleksi.

      F.  LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN


I         Kegiatan Pendahuluan

·         Guru mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan mendaraskan bersama Doa Pembuka dan Lagu Pembuka.
·         Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti materi pembelajaran.
·         Apersepsi : Guru bertanya tentang pembelajaran sebelumnya.
·         Guru menyampaikan Orientasi/Tujuan Pembelajaran tentang “ Laki-Laki dan Perempuan Sederajat”. 

I    I      Kegiatan Inti

1 .      Mengamati

·         Guru menampilkan gambar hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·         Guru mengajak peserta didik melihat (mengamati) gambar pada slide mengenai hal-hal yang dilakukuan oleh perempuan dan laki-laki.
·         Guru mengarahkan peserta didik melihat (mengamati) gambar pada slide mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·         Guru mengobservasi kesungguhan peserta didik dalam melihat (mengamati) gambar mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.





2.      Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pernyataan terkait gambar yang telah diamati.
·         Peserta didik mengajukan atau menyampaikan pernyataan mengenai “hal-hal yang dilakukan perempuan dan laki-laki.
·         Guru bersama dengan peserta didik merumuskan pertanyaan untuk mengembangkan,membentuk pikiran kritis mengenai “hal-hal yang dilakukan perempuan dan laki-laki.
·         Guru mengarahkan siswa untuk mengumpulkan pertanyaan yang bersifat hipotetik terkait dengan materi mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
ü  Apa artinya laki-laki dan perempuan sederajat?
ü  Apa peran sosial laki-laki dan perempuan yang menunjukkan kesederajatan?
ü  Bagaimana situasi perempuan dan laki-laki pada zaman Ibu Kartini?
ü  Bagaimana situasi perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang?
ü  Situasi manakah yang menunjukkan kesetaraan derejat laki-laki dan perempuan?
ü  Adakah hal-hal yang belum menunjukkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki pada zama sekarang?
·         Guru mengarahkan siswa untuk sampai pada pemikiran memecahkan masalah
.
3.      Mengeksplorasi

·         Guru mengarahkan peserta didik membentuk 3 sampai 4 kelompok diskusi agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajukan.
·         Guru menfasilitasi peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·         Peserta didik berdiskusi sesuai dengan kelompok belajar dalam menjawab pertanyaan atau mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·         Guru mengamati peserta didik pada saat anggota kelompok belajar mendiskusikan,membahas,menjawab pertanyaan dan mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.

4.      Mengasosiasikan

·         Peserta didik mengolah informasi mengenai hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Peserta didik merumuskan informasi sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Peserta didik merumuskan kesimpulan tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

5.      Mengkomunikasikan
·         Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok belajar untuk menyampaikan hasil diskusi atau analisis mengenai laki laki dan perempuan sederajat.
·         Peserta didik/kelompok lain menanggapi hasil diskusi dengan cara memberi pendapat untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara sistematis mengenai laki laki dan perempuan sederajat.
·         Guru membuat catatan pribadi tentang keaktifan siswa dalam mengikuti proses diskusi.
·         Peserta didik menyampaikan kesimpulan materi ajar mengenai laki laki dan perempuan sederajat.


III   Kegiatan Penutup
·         Guru merangkum atau menyampaikan kesimpulan akhir tentang materi ajar mengenai laki laki dan perempuan sederajat.
·         Guru bersama peserta murid melakukan refleksi (perbaikan) atas semua evaluasi terhadap penyelidikan dan proses saat memecahkan masalah
·         Guru memberikan tugas individual kepada peserta didik dengan membuat kata-kata mutiara tentang laki-laki dan perempuan sederajat.

·         Proses pembelajaran diakhiri dengan lagu dan doa penutup.
·          
       G.    PENILAIAN

1.Pengetahuan
·         Jelaskan artinya laki-laki dan perempuan sederajat?
·         Jelaskan peran peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat yang menunjukkan kesederajatan?
2. Keterampilan
Membuat slogan tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan sederajat.
3. Penilaian sikap Spritual dan sosial
Aksi Nyata yang menunjukkan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan sederajat di lingkungan masyarakat.















Delitua,...................2018

Guru Praktik

   (                                                           )
                                                                                                                NIM : 161963

Mengetahui
Dosen Pembimbing                                                                 Guru Praktik


(                                               )                                               (                                               )
NIDN  :                                                                       NUPTK :

Kepala Sekolah



(                                               )
                                                NIP :







1.      Sikap Spritual
(Melalui Penilaian diri)
Nama:.....................
No
Pernyataan

Nilai Spritual





1
2
3
4
5
1.
Saya Bersyukur atas kesempatan belajar yang sama untuk laki-laki dan perempuan





2.
Saya mengajak teman bersyukur atas kesempatan kerja yang sama untuk laki-laki dan perempuan.





3.
Saya mengingatkan teman yang menganggap diri laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan.





4.
Saya bersyukur atas para pejuang emansipasi perempuan.






2.Sikap Sosial
(Melalui Pengamatan Guru)
Nama siswa yang diamati:
No
Pernyataan

Nilai
Spritual




1
2
3
4
5
1.
Saya menghargai lawan jenis





2.
Saya merasa lebih hebat sebagai laki-laki atau perempuan dari pada lawan jenis.





3.
Saya mengingatkan teman yang merasa lebih hebat dari pada lawan jenis.





4.
Saya mengajak teman untuk menghargai lawan jenis.






3 comments:

Pendidikan dan pengajaran agama katolik

DATA GURU DAN PEGAWAI UNIT TK SANTO PAULUS

 DATA GURU DAN PEGAWAI  UNIT TK SANTO PAULUS KEPALA SEKOLAH TK SANTO PAULUS NAMA                : ANGELINA K SINAGA  TTL                    ...