Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri 064977
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/I
Materi Pokok : Laki-Laki dan
Perempuan Sederajat
Lokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI
1 : Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI
3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIANNYA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
1.3 Bersyukur atas lawan jenis sebagai
patner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi.
|
1.3.1 Mengungkapan rasa bangga atas
dirinya sebagai laki-laki atau perempuan yang sederajat.
|
2.3 Santun terhadap lawan jenis
sebagai patner yang sederajat untuk saling melengkapi.
|
2.3.1 Menghormati lawan jenis
sebagaimana menghormati dirinya.
|
3.3.1 Memahami lawan jenis sebagai
patner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi.
|
3.3.1 Memahami arti sebagai laki-laki
dan perempuan sederajat.
3.3.2
Memahami peran sosial laki-laki dan perempuan yang menunjukkan kesederajatan.
|
4.3.1 Melakukan aktivitas (misalnya
kerja sama dalam suatu kegiatan,permainan bersama,menulis refleksi,puisi)
yang menunjukkan sikap menghormati lawan jenis sebagai anugerah Allah.
|
4.3.1 Membuat poster tentang
kesetaraan laki-laki dan perempuan sebagai citra Allah.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Setelah
mempelajari “ Laki-laki dan Perempuan sederajat”,peserta didik mampu:
·
Mengungkapkan rasa bangga atas dirinya
sebagi laki-laki atau perempuan yang sederajat.
·
Menghormati lawan jenis sebagaimana
menghormati dirinya.
·
Memahami arti laki-laki dan perempuan
sederajat.
Pertemuan
2
Setelah
mempelajari “ Laki-laki dan Perempuan sederajat”,peserta didik mampu:
·
Memahami peran sosial laki-laki dan
perempuan yang menunjukkan kesederajatan.
·
Membuat poster tentang kesetaraan
laki-laki dan perempuan sebagi citra Allah.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
“
Laki-laki dan Perempuan sederajat ”
E. METODE
PEMBELAJARAN
Menyanyi, Penungasan, Tanya jawab,
Memberi informasi, Refleksi.
F.
LANGKAH
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
I
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru mengajak peserta didik mengawali
pelajaran dengan mendaraskan bersama Doa Pembuka dan Lagu Pembuka.
·
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti materi pembelajaran.
·
Apersepsi : Guru bertanya tentang
pembelajaran sebelumnya.
·
Guru menyampaikan Orientasi/Tujuan
Pembelajaran tentang “ Laki-Laki dan Perempuan Sederajat”.
I I
Kegiatan
Inti
1 .
Mengamati
·
Guru menampilkan gambar hal-hal yang
dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·
Guru mengajak peserta didik melihat
(mengamati) gambar pada slide mengenai hal-hal yang dilakukuan oleh perempuan
dan laki-laki.
·
Guru mengarahkan peserta didik melihat
(mengamati) gambar pada slide mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan
dan laki-laki.
·
Guru mengobservasi kesungguhan peserta
didik dalam melihat (mengamati) gambar mengenai hal-hal yang dilakukan oleh
perempuan dan laki-laki.
2.
Menanya
·
Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk mengajukan pernyataan terkait gambar yang telah diamati.
·
Peserta didik mengajukan atau
menyampaikan pernyataan mengenai “hal-hal yang dilakukan perempuan dan
laki-laki.
·
Guru bersama dengan peserta didik merumuskan
pertanyaan untuk mengembangkan,membentuk pikiran kritis mengenai “hal-hal yang
dilakukan perempuan dan laki-laki.
·
Guru mengarahkan siswa untuk
mengumpulkan pertanyaan yang bersifat hipotetik terkait dengan materi mengenai
hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
ü Apa
artinya laki-laki dan perempuan sederajat?
ü Apa
peran sosial laki-laki dan perempuan yang menunjukkan kesederajatan?
ü Bagaimana
situasi perempuan dan laki-laki pada zaman Ibu Kartini?
ü Bagaimana
situasi perempuan dan laki-laki pada zaman sekarang?
ü Situasi
manakah yang menunjukkan kesetaraan derejat laki-laki dan perempuan?
ü Adakah
hal-hal yang belum menunjukkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki pada
zama sekarang?
·
Guru mengarahkan siswa untuk sampai pada
pemikiran memecahkan masalah
.
3.
Mengeksplorasi
·
Guru mengarahkan peserta didik membentuk
3 sampai 4 kelompok diskusi agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
sudah diajukan.
·
Guru menfasilitasi peserta didik
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar mengenai hal-hal yang
dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·
Peserta didik berdiskusi sesuai dengan
kelompok belajar dalam menjawab pertanyaan atau mengumpulkan informasi mengenai
hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
·
Guru mengamati peserta didik pada saat
anggota kelompok belajar mendiskusikan,membahas,menjawab pertanyaan dan
mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang dilakukan oleh perempuan dan
laki-laki.
4.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mengolah informasi
mengenai hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Peserta didik merumuskan informasi
sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang dilakukan oleh
laki-laki dan perempuan.
·
Peserta didik merumuskan kesimpulan
tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang dilakukan oleh laki-laki
dan perempuan.
5.
Mengkomunikasikan
·
Guru memberikan kesempatan kepada setiap
kelompok belajar untuk menyampaikan hasil diskusi atau analisis mengenai laki
laki dan perempuan sederajat.
·
Peserta didik/kelompok lain menanggapi
hasil diskusi dengan cara memberi pendapat untuk mengembangkan kemampuan berpikir
siswa secara sistematis mengenai laki laki dan perempuan sederajat.
·
Guru membuat catatan pribadi tentang
keaktifan siswa dalam mengikuti proses diskusi.
·
Peserta didik menyampaikan kesimpulan
materi ajar mengenai laki laki dan perempuan sederajat.
III
Kegiatan
Penutup
·
Guru merangkum atau menyampaikan
kesimpulan akhir tentang materi ajar mengenai laki laki dan perempuan
sederajat.
·
Guru bersama peserta murid melakukan
refleksi (perbaikan) atas semua evaluasi terhadap penyelidikan dan proses saat
memecahkan masalah
·
Guru memberikan tugas individual kepada
peserta didik dengan membuat kata-kata mutiara tentang laki-laki dan perempuan
sederajat.
·
Proses pembelajaran diakhiri dengan lagu
dan doa penutup.
·
G.
PENILAIAN
1.Pengetahuan
·
Jelaskan artinya laki-laki dan perempuan
sederajat?
·
Jelaskan peran peran laki-laki dan
perempuan dalam masyarakat yang menunjukkan kesederajatan?
2.
Keterampilan
Membuat
slogan tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan sederajat.
3.
Penilaian sikap Spritual dan sosial
Aksi
Nyata yang menunjukkan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan sederajat di
lingkungan masyarakat.
Delitua,...................2018
Guru
Praktik
( )
NIM
: 161963
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Praktik
( ) ( )
NIDN : NUPTK
:
Kepala
Sekolah
( )
NIP
:
1. Sikap
Spritual
(Melalui Penilaian diri)
Nama:.....................
No
|
Pernyataan
|
Nilai Spritual
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Saya Bersyukur atas kesempatan belajar
yang sama untuk laki-laki dan perempuan
|
|||||
2.
|
Saya mengajak teman bersyukur atas
kesempatan kerja yang sama untuk laki-laki dan perempuan.
|
|||||
3.
|
Saya mengingatkan teman yang
menganggap diri laki-laki lebih tinggi derajatnya dari pada perempuan.
|
|||||
4.
|
Saya bersyukur atas para pejuang
emansipasi perempuan.
|
2.Sikap Sosial
(Melalui
Pengamatan Guru)
Nama siswa yang
diamati:
No
|
Pernyataan
|
Nilai
|
Spritual
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Saya menghargai lawan jenis
|
|||||
2.
|
Saya merasa lebih hebat sebagai
laki-laki atau perempuan dari pada lawan jenis.
|
|||||
3.
|
Saya mengingatkan teman yang merasa
lebih hebat dari pada lawan jenis.
|
|||||
4.
|
Saya mengajak teman untuk menghargai
lawan jenis.
|
ijin dowload pa
ReplyDeleteboleh pak
Deletemakasih, ijin download
ReplyDelete