Sunday, October 7, 2018

RPP KELAS I SD semester 2 Pendidikan dan pengajaran agama katolik





 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Kabar Malaikat kepada Maria
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
Diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang mahabaik dan memelihara
2.      Mengenal diri lewat keterlibatan dalam lingkungannya

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Merumuskan isi pesan Malaikat Gabriel kepada Maria
2.      Menjelaskan sikap Maria ketika menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel
3.      Mehafalkan doa “SalamMaria”






INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Merumuskan isi pesan Malaikat Gabriel kepada Maria
1.2  Menjelaskan sikap Maria ketika menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel
1.3  Mehafalkan doa “Salam Maria”
PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan isi pesan kabar Malaikat Gabriel kepada Maria
2.      Sikap ketika menerima kabar gembira

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “Maria Mendapat Kabar Baik”
3.      Pengalaman Siswa
SARANA
1.      Gambar anak bergembira karena naik kelas

PEMIKIRAN DASAR
            Semua orang pasti akan bergembira ketika mendapat kabar yang baik, misalnya anak-anak yang mendapat nilai bagus, mendapat hadiah, naik kelas, pasti akan sangat gembira mendapat kabar tersebut. Sama seperti bunda Maria, maria mendapat kabar gembira dari malaikat Gabriel yang akan mengandung dan dinamai Yesus, berita yang disampaikan malaikat itu kepada Maria adalah berita yang luar biasa. Itulah kabar gembira, bukan saja untuk Maria, tetapi untuk semua manusia. Manusia akan mendapat  seorang penolong, yang akan membebaskan manusia dari kejahatan dan dosa. Dialah Yesus, juruslamat kita. Allah memberikan anak-Nya Yesus kepada kita karena Ia mengasihi kita semua.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar kabar malaikat kepada maria. Dengan demikian Engkau yang menyertai kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal kabar gembira
a.       Kabar gembira
Semua orang pasti akan bergembira ketika mendapat kabar yang baik, misalnya anak-anak yang mendapat nilai bagus, mendapat hadiah, naik kelas, pasti akan sangat gembira mendapat kabar tersebut dan harus selalu bersyukur karena mendapat kabar gembira.
            Guru memberi pertanyaan
            Tanya Jawab
1.      Apakah kamu pernah mendapat kabar gembira?
2.      Kabar apakah itu?
3.      Apakah kamu pernah mendapat nilai bagus dari guru?
4.      Bagaimana perasaanmu
LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Guru menjelaskan sikap maria mendapat kabar gembira dari malaikat Gabriel
            Maria yang seorang gadis sederhana dipercayakan Allah untuk mengandung seorang juruslamat yaitu Yesus untuk menjadi penolong dan membebaskan manusia dari kejahatan dan dosa. Sikap maria pada saat menerima kabar dari malaikat Gabriel sangat terkejut dan takut, tetapi karena telah dijelaskan malaikat Gabriel akhirnya Maria menerima kabar tersebut dan mengatakan “aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu”
Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis apa-apa saja kabar gembira yang pernah mereka rasakan.

LANGKAH KETIGA: menjelaskan pandangan kitab suci tentang kabar baik
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                Maria mendapat kabar baik
                                                            Lukas 1:26-38
DISKUSI
1.      Siapa nama malaikat yang mengunjungi maria?
2.      Kabar apa yang disampaikan malaikat itu?
3.      Apa jawaban maria kepada malaikt itu?

RANGKUMAN
Setiap manusia itu pasti pernah mendapat kabar baik, tak ada satu orang pun yang tidak pernah mendapat kabar baik. misalnya anak-anak yang mendapat nilai bagus, mendapat hadiah, naik kelas, pasti akan sangat gembira mendapat kabar tersebut. Sama seperti bunda Maria, maria mendapat kabar gembira dari malaikat Gabriel yang akan mengandung dan dinamai Yesus, berita yang disampaikan malaikat itu kepada Maria adalah berita yang luar biasa. Itulah kabar gembira, bukan saja untuk Maria, tetapi untuk semua manusia. Manusia akan mendapat  seorang penolong, yang akan membebaskan manusia dari kejahatan dan dosa. Dialah Yesus, juruslamat kita. Allah memberikan anak-Nya Yesus kepada kita karena Ia mengasihi kita semua.

REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Buatlah doa syukur karena dapat merasakan menerima kabar baik.
b.      Aksi
Warnailah gambar Maria menerima kabar Malaikat Gabriel
            PENUTUP
            DOA
            Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu, terpujilah Engkau diantara wanita dan terpujilah buah tubuh-Mu Yesus.
            Santa Maria bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.

            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                         : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan Maria

1
2.       
Bangga akan sikap maria

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai kabar gembira dalam diri

3
4.       
Mensyukuri karunia Tuhan

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan meneladani maria

5
Instrument : Lihat Lampiran







2. Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3. Pengetahuan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
3.2.2 Merumuskan isi pesan Malaikat Gabriel kepada Maria

2
2.       
3.2.3 Menjelaskan sikap Maria ketika menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel

4
3.       
3.2.4 Mehafalkan doa “Salam Maria”

4














4.Keterampilan
a.       Teknik                               : Membuat Karya Tulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan yang sama seperti dilakukan Maria pada saat menerima kabar gembira
4.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk mengembangkan pribadinya
4.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat menerima kabar gembira




1-4





Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       

Mangara Samosir, S.Pd.                                                   Mastiram Ginting, S.Ag.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Kelahiran Yesus
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai penolong dan membebaskan dosa manusia
2.      Mengenal diri lewat kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan tempat dan waktu kelahiran Yesus
2.      Menyebutkan nama dan waktu perayaan kelahiran Yesus dalam Gereja sekarang
3.      Menjelaskan makna kelahiran Yesus bagi manusia sekarang
4.      Menyanyikan salah satu lagu bertema natal
5.      Mewarnai gambar cerita kelahiran Yesus


INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan tempat dan waktu kelahiran Yesus
1.2  Menyebutkan nama dan waktu perayaan kelahiran Yesus dalam Gereja sekarang
1.3  Menjelaskan makna kelahiran Yesus bagi manusia sekarang

PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan isi pesan kabar Malaikat Gabriel kepada Maria
2.      Penjelasan tempat dan waktu kelahiran Yesus
3.      Penjelasan makna kelahiran Yesus dalam Gereja sekarang

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “Kelahiran Yesus”
3.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Gambar kelahiran Yesus Kristus di kandang domba

PEMIKIRAN DASAR
Semua orang pasti akan bergembira ketika mendapat kabar yang baik, misalnya anak-anak yang mendapat nilai bagus, mendapat hadiah, naik kelas, dan juga mendapat kabar kelahiran pasti akan sangat gembira mendapat kabar tersebut. Tetapi berbeda dengan Yesus, Ia di lahirkan di sebuah kandang domba tidak di rumah sakit atau rumahnya sendiri. di sini kita bisa melihat bahwa Yesus berperan sebagai manusia yang hidup dalam kesederhanaan.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar kelahiran Yesus. Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal isi pesan kabar Malaikat Gabriel kepada Maria
            Maria yang seorang gadis sederhana dipercayakan Allah untuk mengandung seorang juruslamat yaitu Yesus untuk menjadi penolong dan membebaskan manusia dari kejahatan dan dosa. Sikap maria pada saat menerima kabar dari malaikat Gabriel sangat terkejut dan takut, tetapi karena telah dijelaskan malaikat Gabriel akhirnya Maria menerima kabar tersebut dan mengatakan “aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu”
Guru Memberi Pertanyaan
1.      Siapa nama malaikat yang mengunjungi maria?
2.      Bagaimana sikap maria pada saat malaikat datang membawa kabar kepada Maria?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Mengenal tempat dan kelahiran Yesus
            Di zaman yang sekarang ini pada saat anak yang akan lahir, ibunya akan melahirkan di rumah sakit tetapi berbeda dengan Yesus. Maria dan Yusuf tinggal di Nazaret, tetapi karena kandungan Maria semakin besar Yusuf dan Maria harus pergi ke Betlehem dan mendaftarkan diri sebagi penduduk disana sesuai perintah kaisar agustus. Di betlehem maria yang akan melahirkan, yusuf terpaksa harus mencari tempat penginapan, namun karena tempat penginapan untunglah ada seorang yang menawarkan tempat tetapi bukan sebuah rumah ataupun kamar melainkan kandang domba. Di sini kita bisa melihat bahwa Yesus berperan sebagai manusia yang hidup dalam kesederhanaan.

            Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk mewarnai gambar Yesus yang lahir di kandang domba yang telah disediakan guru.

LANGKAH KETIGA: menjelaskan kutipan kitab suci tentang kelahiran Yesus
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                            Kelahiran Yesus
                                                      Lukas 2:1-20
DISKUSI
1.      Di kota mana Yesus dilahirkan?
2.      Di tempat manakah maria melahirkan Yesus?
3.      Disebut hari apakah peringatana hari kelahiran Yesus?

RANGKUMAN
Semua orang pasti akan bergembira ketika mendapat kabar yang baik, misalnya anak-anak yang mendapat nilai bagus, mendapat hadiah, naik kelas, dan juga mendapat kabar kelahiran pasti akan sangat gembira mendapat kabar tersebut. Tetapi berbeda dengan Yesus, Ia di lahirkan di sebuah kandang domba tidak di rumah sakit atau rumahnya sendiri.
      Setiap tahun gereja merayakan natal sebagai tanda kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan setiap tanggal 25 desember. Yesus tidak hanya lahir di kandang domba, tetapi di dalam hati kita masing-masing. Maka kita harus merayakannya dengan penuh hikmat dan syukur.
REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Buatlah doa syukur karena dapat meraskan hari lahirnya Yesus Kristus atau natal.
b.      Aksi
Warnailah gambar kelahiran Yesus di kandang domba
            PENUTUP
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru

            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                               : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan Maria

1
2.       
Bangga akan sikap maria

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai kabar gembira dalam diri

3
4.       
Mensyukuri karunia Tuhan

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan meneladani maria

5
Instrument : Lihat Lampiran








2. Sikap Sosial
a.       Teknik                                     : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                   : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3. Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
3.2.2 Menyebutkan tempat dan waktu kelahiran Yesus

2
2.       
3.2.3 Menyebutkan nama dan waktu perayaan kelahiran Yesus dalam Gereja sekarang

4
3.       
3.2.4 Menjelaskan makna kelahiran Yesus bagi manusia sekarang

4

4.Keterampilan

a.       Teknik                               : Membuat Karya Tulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.
1.2.2        Melakukan tindakan yang sama seperti dilakukan Maria pada saat menerima kabar gembira
1.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk mengembangkan pribadinya
1.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat mengerti makna kelahiran Yesus




1-4



Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       

                                                                


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Mengasihi Allah
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mewujudkan rasa syukur, hormat dan kasih kepada sesama

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan contoh-contoh mengasihi Allah melalui kasih terhadap sesama dalam hidup sehari-hari
2.      Mengucapkan kembali salah satu ayat Kitab Suci tentang cara mengasihi Allah yaitu dalam Gal 5:14





INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan contoh-contoh mengasihi Allah melalui kasih terhadap sesame dalam hidup sehari-hari
1.2  Mengucapkan kembali salah satu ayat Kitab Suci tentang cara mengasihi Allah yaitu dalam Gal 5:14
1.3  Membuat gambar hati sebagai ungkapan siap mengasihi Allah

PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
Penjelasan contoh-contoh mengasihi kasih terhadap sesama dalam hidup sehari-hari

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “Kado Ulang Tahun”
3.      Pengalaman Siswa
SARANA
1.      Gambar seorang anak membantu ibunya menyiram bunga
2.      Gambar seorang anak menolong temannya yang terjatuh

PEMIKIRAN DASAR
            Allah adalah pencipta langit dan bumi juga segala isinya, dan kita sebagai anak-anak-Nya yaitu ciptaan Allah sudah seharusnya kita mengasihi Allah dan juga sesama. Karena Allah yang mahabaik menginginkan anak-anak-nya untuk saling mengasihi baik bagi sesame yang beda suku, agama, ras dan golongan. Dan sudah seharusnya saling mengasihi karena jika manusia di bumi saling mengasihi kita telah menyenangkan hati Tuhan Allah dan juga mengasihi-Nya serta menghormati-Nya.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar mengasihi Allah. Dengan demikian semoga kami dapat mengasihi Mu dan juga mengasihi sesama kami. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal mengasihi
            Mengasihi adalah salah satu bentuk perbuatan yang baik di mata Allah maupun di mata masyarakat. Contoh dari kasih itu seperti membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita, tidak bermusuhan dengan sesama baik beda agama, golongan, suku dll. Karena, jika kita dapat saling mengasihi dengan sesama kita akan merasa damai berkomunikasi dengan sesama kita.
Guru memberi pertanyaan
1.      Sebutkan contoh-contoh mengasihi sesame?
2.      Bagaimana perasaanmu pada saat mengasihi sesame?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Guru menjelaskan isi Kitab Suci tentang cara mengasihi Allah
            Dalam Kitab Suci yaitu dalam Galatia 5:14 tertulis “Kasihilah Sesamamu Manusia Seperti Dirimu Sendiri!” maksudnya adalah dimana Allah mengatakan bahwa jika kita mengasihi sesama kita seperti kita megasihi diri kita sendiri kita juga sudah taat akan perintah Allah dan mengasihi Allah. Maka salah satu cara kita untuk taat akan Allah dan menyenangkan hati Allah yaitu mengasihi sesama Allah.


Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari

LANGKAH KETIGA: mewarnai gambar hati sebagai ungkapan siap mengasihi Allah

DISKUSI
1.      Perbuatan baik apa yang pernah kamu lakukan?
2.      Apa yang akan kamu lakukan bila melihat temanmu bersedih?

RANGKUMAN
            Allah adalah pencipta langit dan bumi juga segala isinya, dan kita sebagai anak-anak-Nya yaitu ciptaan Allah sudah seharusnya kita mengasihi Allah dan juga sesama. Karena Allah yang mahabaik menginginkan anak-anak-nya untuk saling mengasihi baik bagi sesame yang beda suku, agama, ras dan golongan. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengasihi Allah, diantaranya adalah: Rajin Gereja, rajin berdoa, rajin belajar, tidak sombong, membantu kakak atau adik di rumah, menuruti perintah orangtua dan juga guru. Masih banyak perbuatan baik lainnya yang bisa kita lakukan dikehidupan kita sehari-hari, kita harus berbuat baik karena Allah menginginkan kita menjadi anak-anaknya yang taat. Apabila kita melakukan perbuatan baik, berarti kita telah menyenangkan hati Allah Tuhan kita.

REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Membuat doa syukur atas kasih Allah dan mengasihi sesama
b.      Aksi
Gambarlah sebuah hati dan tulislah nama-namaorang yang kamu sayangi
PENUTUP
            DOA
Doa spontan yang dibawakan guru

            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                               : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadapsetiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan mengasihi Allah dan juga sesame

5
Instrument : Lihat Lampiran
2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
3.2.2 Menyebutkan contoh-contoh mengasihi Allah melalui kasih terhadap sesame dalam hidup sehari-hari

5
2.       
3.2.3 Mengucapkan kembali salah satu ayat Kitab Suci tentang cara mengasihi Allah

5



4.      Keterampilan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan mengasihi sesama seperti mengasihi Allah
4.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk mengasihi sesama dan mengasihi Allah
4.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat mengasihi sesama dan mengasihi Allah




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Menghormati Allah
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mewujudkan rasa syukur, hormat dan kasih kepada sesame

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.      Menyebutkan cara Yesus menghormati dan memuliakan Allah.
2.      Menyebutkan cara-cara menghormati Allah

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan cara Yesus menghormati dan memuliakan Allah.
1.2  Menyebutkan cara-cara menghormati Allah



PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan cara Yesus menghormati dan memuliakan Allah
2.      Penjelasan cara –cara menghormati Allah

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “Ricky yang suka bersumpah”
3.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Kitab Suci

PEMIKIRAN DASAR
Allah adalah pencipta langit dan bumi juga segala isinya, dan kita sebagai anak-anak-Nya yaitu ciptaan Allah sudah seharusnya kita menghormati Allah dan juga sesama. Karena Allah yang mahabaik menginginkan anak-anak-nya untuk saling menghormati dan mengasihi baik bagi sesama yang beda suku, agama, ras dan golongan. Dan sudah seharusnya manusia saling menghormati dan mengasihi karena jika manusia di bumi saling menghormati dan mengasihi kita telah menyenangkan hati Tuhan Allah menghormati-Nya.




KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar kelahiran Yesus. Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal cara Yesus menghormati Allah
                                    Dalam Injil Yohanes 17:4-8 dijelaskan bahwa Yesus berdoa kepada Allah sebegai bentuk hormat-Nya kepada Allah dengan mengatakan bahwa Yesus mempermuliakan Allah di bumi, dan melakukan semua pekerjaan yang diberikan Allah kepada Yesus. Dalam doa Yesus tersebut Ia sangat taat akan semua pekerjaan yang diberikan kepada-Nya karena Yesus sangat menghormati Allah.
Guru Memberi Pertanyaan
1.      Bagaimana cara Yesus memuliakan Bapa?
2.      Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk dapat memuliakan Tuhan?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan

                        Mengenal cara-cara menghormati Yesus
            Sebagai ciptaan Allah sudah sepantasnya manusia menghormati Yesus, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghormati dan memuliakan Allah, contohnya dengan rajin berdoa, ke gereja, menuruti perintah orang tua dan guru, serta tidak sembarangan menyebut nama Tuhan Allah.




Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis cara-cara perbuatan baik yang dilakukan di kehidupan  sehari-hari sebagai bentuk hormat kepada Allah.

LANGKAH KETIGA: menjelaskan kutipan kitab suci tentang doa Yesus
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                            Doa Yesus
                                                      Yohanes 17:4-8
Tugas Mandiri
Menghafal perintah Allah yang berisi “Jangan Menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.”

RANGKUMAN
Allah adalah pencipta langit dan bumi juga segala isinya, dan kita sebagai anak-anak-Nya yaitu ciptaan Allah sudah seharusnya kita menghormati Allah dan juga sesama. Karena Allah yang mahabaik menginginkan anak-anak-nya untuk saling menghormati dan mengasihi baik bagi sesama yang beda suku, agama, ras dan golongan. Dan sudah seharusnya manusia saling menghormati dan mengasihi karena jika manusia di bumi saling menghormati dan mengasihi kita telah menyenangkan hati Tuhan Allah menghormati-Nya.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghormati dan memuliakan Allah, contohnya dengan rajin berdoa, ke gereja, menuruti perintah orang tua dan guru, serta tidak sembarangan menyebut nama Tuhan Allah.

REFLEKSI DAN AKSI
a.       REFLEKSI
Membuat doa syukur untuk menghormati dan memuliakan Allah
b.      AKSI
Menulis perintah Allah dengan huruf indah di buku tulis “Jangan menyebut nam Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.”




PENUTUP
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru

            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                         : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadapsetiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai menghormati Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan menghormati Allah dan juga sesame

5

 Instrument : Lihat Lampiran






2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap hormat terhadap Allah dan sesame

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir instrument
1.       
3.2.2 menyebutkan cara Yesus menghormati dan mengasihi Allah

1
2.       
3.2.3 menuliskan cara-cara mengormati Allah

2
3.       
3.2.3 menuliskan kembali firman Allah kedua dalam Dasa Firman

3
4.       
3.2.4 mengucapkan kembali rumusan firman Allah kedua dalam Dasa Firman

4






4.      Keterampilan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan menghormati sesama seperti mengasihi Allah
4.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk menghormati sesama dan mengasihi Allah
4.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat menghormati Allah




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Mengasihi dan Menghormati Sesama
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mewujudkan rasa syukur, hormat dan kasih kepada sesama

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan contoh-contoh mengasihi orang lain
2.      Menceritakan kisah “Orang Samaria yang Baik Hati”

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan contoh-contoh mengasihi orang lain di kehidupan sehari-hari
1.2  Menceritakan kisah “Orang Samaria yang Baik Hati”

PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
Penjelasan contoh-contoh mengasihi terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “Petrus yang Baik Hati”
3.      Pengalaman Siswa
SARANA
1.      Gambar seorang anak membantu ibunya menyiram bunga
2.      Gambar seorang anak menolong temannya yang terjatuh
3.      Gambar anak yang membantu seorang nenek menyebrang jalan

PEMIKIRAN DASAR
            Allah adalah pencipta langit dan bumi juga segala isinya, dan kita sebagai anak-anak-Nya yaitu ciptaan Allah sudah seharusnya kita mengasihi Allah dan juga sesama. Karena Allah yang mahabaik menginginkan anak-anak-nya untuk saling mengasihi baik bagi sesama yang beda suku, agama, ras dan golongan. Dan sudah seharusnya saling mengasihi karena jika manusia di bumi saling mengasihi kita telah menyenangkan hati Tuhan Allah dan juga mengasihi-Nya serta menghormati-Nya. Seorang yang mengaku mengasihi dan menghormati Tuhan harus juga dapat mengasihi dan menghormati sesama, karena mengasihi dan menghormati sesama adalah satu bukti dan wujud kasih kita kepada Tuhan.


KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar mengasihi dan menghormati sesama. Dengan demikian semoga kami dapat mengasihi Mu dan juga mengasihi sesama kami. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal mengasihi
            Mengasihi adalah salah satu bentuk perbuatan yang baik di mata Allah maupun di mata masyarakat. Contoh dari kasih itu seperti membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita, tidak bermusuhan dengan sesama baik beda agama, golongan, suku dll. Karena, jika kita dapat saling mengasihi dengan sesama kita akan merasa damai berkomunikasi dengan sesama kita.

Guru memberi pertanyaan
1.      Sebutkan contoh-contoh mengasihi sesama?
2.      Bagaimana perasaanmu pada saat mengasihi sesama?
LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Guru menjelaskan isi Kitab Suci tentang cara mengasihi Allah
      Dalam Kitab Suci yaitu dalam Galatia 5:14 tertulis “Kasihilah Sesamamu Manusia Seperti Dirimu Sendiri!” maksudnya adalah dimana Allah mengatakan bahwa jika kita mengasihi sesama kita seperti kita megasihi diri kita sendiri kita juga sudah taat akan perintah Allah dan mengasihi Allah. Maka salah satu cara kita untuk taat akan Allah dan menyenangkan hati Allah yaitu mengasihi sesama Allah.

Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
LANGKAH KETIGA: menjelaskan kutipan kitab suci tentang doa Yesus
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                            Orang Samaria yang Baik Hati
                                                                        Lukas 10:25-37
            DISKUSI
1.      Siapa yang membantu orang yang dirampok itu?
2.      Mengapa orang samaria mau menolongnya?
3.      Apakah kamu pernah menolong orang yang sedang kesusahan?

RANGKUMAN
Seorang yang mengaku mengasihi dan menghormati Tuhan harus juga dapat mengasihi dan menghormati sesama, karena mengasihi dan menghormati sesama adalah satu bukti dan wujud kasih kita kepada Tuhan.

PENUTUP
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru

            PENILAIAN

1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                               : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Penilaian Diri

No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadap setiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi dan mengormati sesame

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah dapat mengasihi menghormati sesama

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan mengasihi dan menghormati sesama

5
Instrument : Lihat Lampiran

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
3.2.2 Menyebutkan contoh-contoh mengasihi dan menghormati sesame

5
2.       
3.2.3 Menceritakan kembali kisah “Orang Samaria yang Baik Hati”

5



4.      Keterampilan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan mengasihi dan menghormati sesama seperti mengasihi Allah
4.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk mengasihi dan menghormati sesama
4.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat mengasihi dan menghormati sesama




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Doa Bapa Kami
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan tembermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.       Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mewujudkan rasa syukur, hormat dan kasih kepada sesama

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menjelaskan arti doa
2.      Menyebutkan sikap atau cara berdoa yang baik
3.      Menyebutkan sikap atau cara berdoa yang tidak baik
4.      Menuliskan kembali doa Bapa Kami
5.      Melafalkan doa Bapa Kami dengan baik
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menjelaskan arti doa
1.2  Menyebutkan sikap atau cara berdoa yang baik
1.3  Menyebutkan sikap atau cara berdoa yang tidak baik
1.4  Menuliskan kembali doa Bapa Kami
1.5  Melafalkan doa Bapa Kami dengan baik
PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi
BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan arti doa

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “andre belajar “Doa Bapa Kami” ”
3.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Gambar keluarga yang sedang berdoa bersama sebelum makan

PEMIKIRAN DASAR
Semua umat yang beragama pasti akan berdoa sebagai wujud kasih dan hormatnya kepada Allah, salah satu nya adalah doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus kepada kita, doa Bapa Kami adalah doa yang diajarkan Yesus agar kita selalu berdoa bagi Bapa di surga sebagai bentuk untuk memuliakan, mengasihi dan menghormati Allah.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar doa Bapa Kami. Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal arti doa
            Doa adalah salah satu ucapan syukur kepada Allah di surga dan doa juga termasuk salah satu cara kita dapat untuk mengasihi, menghormati Allah. Doa Bapa Kami dapat diucapkan kapan saja. Contonya, mau makan, pergi ke sekolah, pergi ke gereja dan masih banyak lain.
Guru Memberi Pertanyaan
1.      Pada saat kapan biasanya kamu mengucapkan doa Bapa Kami?
2.      Apakah kamu sudah hafal doa Bapa Kami?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
menjelaskan kutipan kitab suci tentang Doa Bapa Kami
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                Yesus mengajar murid-muridnya berdoa
                                                                        Matius 6:5-13
Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis kembali Doa Bapa Kami yang telah ditulis guru di papan tulis

LANGKAH KETIGA: mewarnai gambar seorang anak yang sedang berdoa

DISKUSI
1.      Bagaimana cara berdoa yang baik yang diajarkan Yesus?
2.      Berapa kali dalam sehari kamu berdoa?


RANGKUMAN
Semua umat yang beragama pasti akan berdoa sebagai wujud kasih dan hormatnya kepada Allah, salah satu nya adalah doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus kepada kita, doa Bapa Kami adalah doa yang diajarkan Yesus agar kita selalu berdoa bagi Bapa di surga sebagai bentuk untuk memuliakan, mengasihi dan menghormati Allah.

PENUTUP
REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Membuat doa syukur karena dapat mengerti tentang doa Bapa Kami
b.      Aksi
Menulis doa bapa kami dan dihias indah di buku tulis
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru
           
            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                               : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :

No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadap setiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah lewat doa Bapa Kami

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan bersyukur dan berdoa Bapa Kami

5
Instrument : Lihat Lampiran

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indikator
Butir instrument
1.       
3.2.2 menjelaskan arti Doa

1
2.       
3.2.3 menyebutkan sikap atau cara berdoa yang baik

2
3.       
3.2.3 menyebutkan sikap atau cara berdoa yang kurang baik

3
4.       
3.2.4 menuliskan kembali doa Bapa Kami


4
5.       
3.2.5 mengucapkan doa Bapa kami dengan baik

5
Instrument : Lihat Lampiran


4.      Keterampilan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan sebagai wujud doa Bapa Kami
4.2.3        Menggunakan kemampuan dalam dirinya untuk mengasihi sesama dan mengasihi Allah
4.2.4        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur lewat doa Bapa Kami




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Doa Syukur
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah melalui doa

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan hal-hal yang patut disyukuri dalam hidup
2.      Menyebutkan cara-cara mengungkapkan ras syukur kepada Allah berdasarkan Luk 17:11-19
3.      Membuat doa syukur
4.      Membuat niat untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan pertolongan orang lain




INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan hal-hal yang patut disyukuri dalam hidup
1.2  Menyebutkan cara-cara mengungkapkan ras syukur kepada Allah berdasarkan Luk 17:11-19
1.3  Membuat doa syukur
1.4  Membuat niat untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan pertolongan orang lain

PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi

BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan arti doa

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “kura-kura yang tidak tau terima kasih”
3.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Cerita kura-kura yang tidak tau terima kasih

PEMIKIRAN DASAR
            Semua umat yang beragama pasti akan berdoa sebagai wujud kasih dan hormatnya kepada Allah, dan kita juga harus selalu bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena kebaikannya. Contohnya, pada saat sakit dan setelah itu kita berobat dan akhirnya sembuh kita harus selalu berdoa dan bersyukur karena telah sembuh dari penyakit yang telah diderita.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar doa syukur. Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
Mengenal arti doa
            Doa adalah salah satu ucapan syukur kepada Allah di surga dan doa juga termasuk salah satu cara kita dapat untuk mengasihi, menghormati Allah. Doa ucapan syukur dapat diucapkan kapan saja. Contonya, mau makan, pergi ke sekolah, pergi ke gereja dan masih banyak lain.
Guru membacakan cerita kura-kura yang tidak tau berterima kasih
Guru memberi pertanyaan
1.      Apa yang terjadi ketika kura-kura melompat ke bawah tanpa sayap?
2.      Bagaimana menurutmu sifat kura-kura itu?
3.      Apakah kamu mau berterima kasih kepada yang menolongmu?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
menjelaskan kutipan kitab suci tentang syukur
            Baca dan simaklah kutipan kitab suci berikut
                                                Orang samaria yang tahu berterima kasih
                                                                        Lukas 17:11-19


Tugas Mandiri
Guru meminta siswa untuk menulis ucapan terima kasihnya kepada Tuhan karena kebaikan-Nya

LANGKAH KETIGA: menulis doa syukur atas kebaikan Tuhan

RANGKUMAN
            Doa adalah salah satu ucapan syukur kepada Allah di surga dan doa juga termasuk salah satu cara kita dapat untuk mengasihi, menghormati Allah. Doa ucapan syukur dapat diucapkan kapan saja. Contonya, mau makan, pergi ke sekolah, pergi ke gereja dan masih banyak lain.
Semua umat yang beragama pasti akan berdoa sebagai wujud kasih dan hormatnya kepada Allah, dan kita juga harus selalu bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena kebaikannya. Contohnya, pada saat sakit dan setelah itu kita berobat dan akhirnya sembuh kita harus selalu berdoa dan bersyukur karena telah sembuh dari penyakit yang telah diderita.

PENUTUP
REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Membuat doa syukur atas kebaikan Tuhan
b.      Aksi
Menulis doa syukur dan dihias indah di buku tulis
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru

PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                         : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Diri
Kisi- kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadapsetiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan mengasihi Allah dan juga sesame

5
Instrument : Lihat Lampiran
2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran
3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indicator
Butir instrument
1.       
3.2.2 menyebutkan hala-hal yang patut disyukuri dalam hidup

1
2.       
3.2.3 menyebutkan cara-cara mengungkapkan rasa syukur kepada Allah

2
3.       
3.2.4 membuat doa syukur

3
4.       
3.2.5 Mensyukuri kasih Allah

4

4.      Keterampilan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2        Melakukan tindakan sesuai kehendak Allah
4.2.3        Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat mengasihi sesama dan mengasihi Allah




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

                                                                       



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SD Budi Murni 2 Medan
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Doa Pujian
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah melalui doa

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan beberapa contoh karya Tuhan yang mengagumkan.
2.      Menjelaskan alasan mengapa manusia perlu memuji Tuhan
3.      Mengungkapakan pujian kepada Tuhan
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan beberapa contoh karya Tuhan yang mengagumkan.
1.2  Menjelaskan alasan mengapa manusia perlu memuji Tuhan
1.3  Mengungkapkan pujian kepada Tuhan


PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi
BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan arti doa pujian

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Cerita “jejaknya ”
3.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Gambar maria mengunjungi saudaranya elisabet

PEMIKIRAN DASAR
Saat kita merenungkan tentang keindahan alam yang diciptakan Tuhan, baik itu gunung, lautan, daratan, burung, ikan di laut, matahari, bulan, bintang, pelangi, serta ciptaan lainnya begitu indah dan menakjubkan. Oleh sebab itu kita patut bersyukur atas segala ciptaan Tuhan dan mengasihi kita umat manusia yang ada dibumi ini, dan salah satu cara untuk untuk mengungkapkan terima kasih atas semuanya kepada Tuhan yaitu dengan doa pujian.


KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar doa syukur. Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
            Mengenal arti doa pujian
Lewat yang sudah di pelajari baik itu doa Bapa Kami, doa Syukur dan doa Pujian, semuanya bentuk untuk mengasihi Tuhan dan menghormati-Nya, sehingga jika kita berdoa dengan sepenuh hati dan melakukan perbuatan baik di kehidupan kita sehari-hari itu semua untuk menyenangkan hati Tuhan dan umat manusia pun tidak lupa atas kebaikan Tuhan selalu.

Guru memberi pertanyaan
1.      Apakah kamu pernah melakukan doa pujian atas semua kebaikan Tuhan padamu?
2.      Semua yang ada di dunia adalah ciptaan?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Guru bersama siswa membacakan tentang kisah jejaknya yang ada dibuku siswa
Tugas mandiri
Guru meminta siswa untuk menyusun doa pujian kepada Tuhan atas segala kebaikannya

LANGKAH KETIGA: membacakan dan menjelaskan kisah Kitab Suci yaitu dalam Lukas 1:45-56
Guru meminta siswa untuk mewarnai gambar maria mengunjungi saudaranya elisabet yang telah disediakan guru

RANGKUMAN
Kita memuji Tuhan karena Ia baik, Dia telah menciptakan kita semua dan alam semesta yang indah. Itu semua karena Tuhan mengasihi kita umat manusia, kita harus mengucap syukur dan memuji Tuhan atas kebaikannya.

PENUTUP
REFLEKSI DAN AKSI
c.       Refleksi
Membuat doa syukur karena dapat mengerti tentang doa pujian
d.      Aksi
Menulis doa pujian dan dihias indah di buku tulis
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru   
            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                         : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Diri
Kisi- kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadapsetiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan mengasihi Allah dan juga sesame

5
Instrument : Lihat Lampiran
2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indicator
Butir instrument
1.       
3.2.2 menyebutkan beberapa contoh karya Tuhan yang mengagumkan

1
2.       
3.2.3 menjelaskan alasan mengapa manusia perlu memuji Tuhan

2
3.       
3.2.4 mengungkapkan pujian pada Tuhan

3

















4.      Keterampilan
a.       Teknik                               : Tertulis
c.       Bentuk Instrumen                         : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.       
4.2.2 Melakukan tindakan sesuai kehendak Allah
4.2.3 Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur karena dapat mengasihi sesama dan mengasihi Allah




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

                                                                       











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester         : I (Satu) / II (Dua)
Materi Pokok             : Doa Permohonan
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

KOMPETENSI INTI
            KI 1 :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya
diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga serta cinta tanah air
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpai di rumah, di sekolah dan teman bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
1.      Bersyukur merasakan kasih Allah dan hormat kepada Allah
2.      Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah melalui doa

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan berbagai wujud permohonan yang bisa disampaikaan kepada Allah
2.      Menjelaskan sikap-sikap apa yang pantas dalam mengungkapkan permohonan
3.      Menulis doa permohonan

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1  Menyebutkan berbagai wujud permohonan yang bisa disampaikaan kepada Allah
1.2  Menjelaskan sikap-sikap apa yang pantas dalam mengungkapkan permohonan
1.3  Menulis doa permohonan

PENDEKATAN
Pendekatan Kateketis dan pendekatan saintifik

METODE
1.      Mandiri
2.      Dialog Partisifatip
3.      Cerita
4.      Refleksi
BAHAN KAJIAN
1.      Penjelasan arti doa permohonan

SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa “Yesus Sahabatku”
2.      Pengalaman Siswa

SARANA
1.      Kisah Kitab Suci “permohonan perwira kornelius” Lukas 7:1-10

PEMIKIRAN DASAR
            Terkadang kita mengalami kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan hati. Misalnya rasa sedih, marah, atau kecewa, kita dapat meminta supaya Tuhan menolong kita, kita dapat memohon permohonan melalui doa. Berdoa dengan penuh kepercayaan dan rendah hati, dengan begitu Tuhan pasti mendengar doa kita.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

DOA PEMBUKA
Guru mengajak siswa masuk dalam suasana hening untuk berdoa
DOA
Allah yang maha baik, kami bersyukur atas penyelenggaraan-Mu Engkau menciptakan semua baik adanya. Termasuk diri-Mu kami yang kau ciptakan begitu indah dan sempurna. Ya Allah, pada saat ini kami belajar doa permohonan . Dengan demikian sertailah kami hingga akhir pelajaran kami nanti nya. Amin.

LANGKAH PERTAMA
            Mengenal arti doa permohonan
Lewat yang sudah di pelajari baik itu doa Bapa Kami, doa Syukur dan doa Pujian, semuanya bentuk untuk mengasihi Tuhan dan menghormati-Nya dan juga meminta agar Tuhan menolong kita dengan memperkuat hati kita untuk melewati segala hal baik yang membuat gembira maupun sedih, sehingga jika kita berdoa dengan sepenuh hati dan melakukan perbuatan baik di kehidupan kita sehari-hari itu semua untuk menyenangkan hati Tuhan dan umat manusia pun tidak lupa atas kebaikan Tuhan selalu.

Guru memberi pertanyaan
1.      Apakah kamu pernah melakukan doa permohonan kepada Tuhan?
2.      Apakah kamu percaya kepada Tuhan Yesus dengan segenap hatimu?

LANGKAH KEDUA: menyebutkan
Guru menjelaskan kisah Kitab Suci “permohonan perwira kornelius”
Tugas mandiri
            Guru meminta siswa untuk menulis doa permohonan kepada Tuhan

LANGKAH KETIGA: mewarnai gambar perwira kornelius yang telah disediakan oleh guru.

RANGKUMAN
Terkadang kita mengalami kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan hati. Misalnya rasa sedih, marah, atau kecewa, kita dapat meminta supaya Tuhan menolong kita, kita dapat memohon permohonan melalui doa. Berdoa dengan penuh kepercayaan dan rendah hati, dengan begitu Tuhan pasti mendengar doa kita.


PENUTUP
REFLEKSI DAN AKSI
a.       Refleksi
Membuat doa syukur karena dapat mengerti tentang doa permohonan kepada Tuhan
b.      Aksi
Menulis doa permohonan dan dihias indah di buku tulis
            DOA
            Doa spontan yang dibawakan guru
           
            PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik                               : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen                         : Lembar Penilaian Diri
Kisi- kisi :
No.
Sikap/nilai
Butir instrument
1.       
Kagum akan kasih Allah

1
2.       
Bangga akan kasih Allah terhadapsetiap manusia

2
3.       
Mengembangkan kemampuan/bakat sebagai mengasihi Allah

3
4.       
Mensyukuri kasih Allah

4
5.       
Ikut serta dalam mewujudkan dan mengembangkan kemampuan diri dengan mengasihi Allah dan juga sesame

5
Instrument : Lihat Lampiran


2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                         : Observasi
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir instrument
1.       
Bersikap rendah hati

1
2.       
Hormat terhadap sesama dan menghargai pendapat sesama

2
3.       
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan apa yang telah diberi Tuhan dalam diri

3
Instrumen : Lihat Lampiran

c.       Pengetahuan
a.       Teknik                               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                         : Uraian
Kisi-kisi :
No.
Indicator
Butir instrument
1.       
3.2.2 menyebutkan berbagai wujud permohonan yang bisa disampaikan kepada Allah

1
2.       
3.2.3 menjelaskan sikap-sikap apa yang pantas dalam mengungkapkan permohonan

2
3.       
3.2.4 menulis doa permohonan

3











4.      Keterampilan
a.       Teknik                         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                   : Menyusun Doa Tertulis
Kisi-kisi :
No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.
4.2.2 Melakukan tindakan sesuai kehendak Allah
4.2.3 Menyusun doa yang mengungkapkan rasa permohonan karena dapat mengasihi sesama dan mengasihi Allah




1-4

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

                                                                       

.

No comments:

Post a Comment

Pendidikan dan pengajaran agama katolik

DATA GURU DAN PEGAWAI UNIT TK SANTO PAULUS

 DATA GURU DAN PEGAWAI  UNIT TK SANTO PAULUS KEPALA SEKOLAH TK SANTO PAULUS NAMA                : ANGELINA K SINAGA  TTL                    ...