Monday, May 14, 2018

RPP SD VI Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik KTSP 2006




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB VIII
ALLAH PENUH KASIH SETIA

Nama Sekolah             : SD N. 1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Materi Pokok              : Allah Penuh Kasih Setia
Kelas/ Semester           : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Lokasi Waktu              : 2  X 35 Menit

Standar Kompetensi :

Memahami  kisah bangsa israel yang di buang oleh Allah ke tanah pembuan di babel, akibat tidak setia atau taat kepada perintah Allah. Namun karena berasrnya Kasih Allah, Ia pun mengampuni segala kesalahan dan pelamggaran bansa Israel dan memberikan kemakmuran bagi bangsa Israel.

Kompetensi Dasar :
Menetahui bahwa Allah penuh kasih setia kepada orang israel dan mengasihi orang yang menyesali kesalahannya dan mau kembali kepada perintah-perintah Allah.

Tujuan Pembelajaran :
Siswa di harapkan mampu:
ü  Menceritakan kisah bangsa Israel yang di buang ke babael.
ü  Merubah sikap menjadi pribadi yang lebih baik lagi seturut perintah Allah.
ü  Menunjukkan perubahan Sikap seperti yang di inginkan oleh Allah di lingkuan  sekolah, dan lingkungan rumah.

Karakter Siswa Yang Diharapkan :
ü  Religius
ü  Bertobat
ü  Mengenal cinta kasih Allah


Materi Ajar :
“Allah Penuh Kasih Setia”

Metode Pembelajaran :
ü  Ceramah
ü  Cerita
ü  Tanya jawab
ü  Pemberian tugas

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:

A.    Kegiatan Pembelajaran (10 Menit)

·         Doa Pembuka (dibawakan oleh salah seorang siswa)
Ya Tuhan yang Maharahim, kami berterimakasih kepada-Mu karena kami masih dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Semoga kami dapat menyatukan hati dan pikiran kami sehingga kami  bisa mengerti dan memahami apa yang akan di ajarkan oleh Guru kami. Amin.

·         Lagu pembuka
Indah Tanahku
1.      Indah tanahku indonesia, Bermandikan sinar indonesia
Betapa bersar cinta Tuhan, Kuasa-nya mengagumkan
Reff: Terpujilah Tuhan Allah, Ia mengangkat bangsaku sebagai rakyat-Nya Agar tanahku yang indah  Maju terus atas dasar pancasila

2.      Berkatilah bangsaku selalu, Jangan tinggalkan umat-Mu
Agar dalam upaya kami, Nampak cahaya Ilahi (Reff)
3.      Tunjukkanlah kuasa-Mu Tuhan, Bimbing kami dengan Iman
Agar sejahtera bersama , Menjiwai tiap karya (Reff)


·         Apersepsi
1.      Perkenalan
2.      Mengapsen siswa
3.      Mengingatkan pelajaran yang minggu lalu
4.      Menggali pengalaman siswa dengan beberapa pertanyaan

                              Pertanyaan :
-          Apa yang membuat tanah air itu indah ?
-          Dengan apa Tuhan membimbing kita menurut lagu tadi ?
-          Bagaimana harapan kita terhadap tanah air kita ?

5.      Mengulas dengan singkat garis-garis besar pelajaran yang akan di bahas dalam pertemuan ini.

B.     Bagian Inti (55 Menit)

1.      Eksplorasi (menggali pengalaman siswa)
·          Guru mengajak siswa untuk mendalami isi dari kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
·         Guru bertanya jawab atau berdialog dengan siswa  tentang bacaan kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).

2.      Elaborasi (membuat pemahaman kepada siswa)

“Kisah Bagsa Israel”
Bangsa israel adalah bangsa pilihan Allah ban bangsa yang paling di kasihi oleh Allah, namun karena bagsa isrel tidak taat kepada perintah Allah dan selalu melanggar perkataan Allah sehingga Allah marah kepada bangsa israel, Dan Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di babel. Selama bangsa isrel di tanah perbudakan di babel maka mereka sangat menderita dan menyesal akan kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel.  Dan mereka ingin kembali ke  tanah isrel. Nabi yeremia telah menebuatkan bahwa Allah itu penuh kasi setia. Mendengar perkataan itu maka bangsa isrel menyesal dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel tersebut.
Oleh karena penyesalan bangsa Israel, maka Allah mengutus raja koresy untuk menaklukkan bangsa babel. Sehingga bangsa isrel bisa keluar dari perbudakan bangsa babel. Sesudah keluar dari tanah perbudakan di babel, bangs isrel langsung kembali ke Yerusalem tanah bangsa israel. Dan mereka langsung ingin melakukan kewajiban-kewajiban ke Agamaan bangsa israel dengan sebaik-baiknya seperti yang diminta oleh para nabi.
Namun mereka mendapati kota Yerusalem dengan situasi yang masih berantakan. Tembok yerusalem, bait Allah serta bangunanya rata dengan tanah, danb sesampainya di Yerusalem timbul persoalan yang baru yaitu “ bagaimana harus membangunya kembali ?”. namun dengan bantuan Nehemia dan Ezra bersama bagsa israel mendirikan bait Allah, dimana bait Allah yang sekarang ini lebih besar dan lebih indah dari bait Allah yang sebelumnya.
Setelah membangun Bait Allah yang baru, Ezra bertugas untuk memimpin kembali ibadah yang seturut dengan kebiasaan bangsa Isreal, di dalam suasana ibadah Ezra juga membuka dan membaca sebagian dari kitab taurat musa sehingga bagsa israel semakin percaya kepada Allah. Dan ibadah itu di lakukan setiap Hari sehingga bangsa Israel semakin seturut dengan nasihat Allah. Dan akhirnya bangsa Israel kembali memperoleh kemakmurannya karena mereka sudah hidup sesuia dengan petunjuk dan perintah dari Allah.

·         Guru bertanya mengenai cerita bangsa israel, seperti :
ü  Apa yang terjadi terhadap bangsa Israel yang tidak hidup Taat kepada perintah Allah ?
ü  Siapa yang membantu bangsa Israel keluar dari tanah pembuang di Babel ?
ü  Sikap apa yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, sehingga Allah tidak marah kepada kita ?

3.      Konfirmasi (Guru dan siswa melakukan hubungan Tanya jawab)
ü  Melakukan Tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami seputar “ Allah penuh kasih setia”
ü  Meluruskan kembali materi-materi, memberi penguatan dan penyempurnaan mengenai materi yang dipelajari.





Kesimpulan

Ø  Bangsa israel adalah bangsa pilihan Allah atau denga kata lain bagsa israel adalah bangsa yang paling dikasihi Allah dari pada bangsa yang lainya.
Ø  Karena bangsa israel tidak taat kepada perintah Allah, maka Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di tanah babel. Di sana bangsa isrel sanga menderita dan ingin kembali ke Yerusalem.
Ø  Kerena Allah melihat penyesalan bangsa israel, Ia pun memberikan kemurahan hati –nya kepada bangsa israel. Dan menyuruh raja  Koresy untuk menaklukan bangsa babel dan mengeluarkan bangsa israel supaya kembali ke kota Yerusalem
Ø  Setelah di kota Yerusalem Nehemia dan Ezra dan juga bersama bangsa Israel kembali membangun bait Allah yang telah rata dengan Allah. Setelah mereka selesai membangun bait Allah tersenbut, bangsa israel kembali melakukan ibadah mereka seperti dahulu, dan semakin mempercai Allah. Dan akhirnya Allah kembali memberikan kemakmuran kepada bangsa Israel, karena mereka telah melakukan seturut denga apa yang telah di perintahkan Allah kepada bangsa Israel.
Ø  Dan hal yang dapat kita renungkan adalah sebesar apapun kesalah kita kepada Allah Ia akan tetap megasihi kita, dan ketika kita mau bertobat dan kembali kepada Allah. Maka Allah akan dengan sangat senang menerima kita kembali dan mengampuni segala kesalahan kita.

C.     Kegiatan Penutup (15 Menit)
·         Guru memberikan Tugas kepada Siswa.
·         Doa Penutup (dibawakan oleh seorang siswa)
Ya Tuhan, kami berterima kasih atas segala cinta kasih-Mu kepada kami dari Awal hingga akhir pelajaran kami ini, semoga apa yang telah di ajarkan Guru kepada kami dapat bermanfaat bagi kehidupan kami, demi kristus Tuhan kami, Amin.

Sumber Belajar
ü  Teks Kitab Suci ( Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12)
ü  Buku paket siswa “ Bersahabat dengan Yesus” PAK siswa SD Kelas VI hal. 57- 63 penerbit Bina Media Perintis.
Media
ü  Lagu

Format Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
Mengetahui bahwa  Allah penuh kasih setia
Refleksi
Uraian
Jelaskan makna  kasih setia  dari Allah

Menjelaskan makna kasih setia Allah
Tes tertulis
Uraian
Apa-apa yang harus kita lakukan supaya mendapatkan kasih setia dari Allah

Menyebutkan siapa saja yang berperan dalam kisah bangsa israel
Tes tertulis



UNJUK KERJA
Uraian
Ceritakan penglaman mu akan Allah penuh kasih setia





FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Rentang Penilaian:
0-50                
60-74
75-79
Ketuntasan:
80-89
90-100



FORMAT PENILAIAN KEPRIBADIAN
No.
Nama Siswa
Religious
Instropeksi Diri
Bertobat
A
B
C
D
E
A
B
C
D
E
A
B
C
D
E







































































Mengetahui
                                                                                         
KepalaSekolah                                                                                    Guru Mata pelajaran



NIP:                                                                                                    NIP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB VIII
ALLAH PENUH KASIH SETIA

Nama Sekolah             : SD N. 1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Materi Pokok              : Allah Penuh Kasih Setia
Kelas/ Semester           : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Lokasi Waktu              : 2  X 35 Menit

Standar Kompetensi :

Memahami  kisah bangsa israel yang di buang oleh Allah ke tanah pembuan di babel, akibat tidak setia atau taat kepada perintah Allah. Namun karena berasrnya Kasih Allah, Ia pun mengampuni segala kesalahan dan pelamggaran bansa Israel dan memberikan kemakmuran bagi bangsa Israel.

Kompetensi Dasar :
Menetahui bahwa Allah penuh kasih setia kepada orang israel dan mengasihi orang yang menyesali kesalahannya dan mau kembali kepada perintah-perintah Allah.

Tujuan Pembelajaran :
Siswa di harapkan mampu:
ü  Menceritakan kisah bangsa Israel yang di buang ke babael.
ü  Merubah sikap menjadi pribadi yang lebih baik lagi seturut perintah Allah.
ü  Menunjukkan perubahan Sikap seperti yang di inginkan oleh Allah di lingkuan  sekolah, dan lingkungan rumah.

Karakter Siswa Yang Diharapkan :
ü  Religius
ü  Bertobat
ü  Mengenal cinta kasih Allah


Materi Ajar :
“Allah Penuh Kasih Setia”

Metode Pembelajaran :
ü  Ceramah
ü  Cerita
ü  Tanya jawab
ü  Pemberian tugas

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:

A.    Kegiatan Pembelajaran (10 Menit)

·         Doa Pembuka (dibawakan oleh salah seorang siswa)
Ya Tuhan yang Maharahim, kami berterimakasih kepada-Mu karena kami masih dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Semoga kami dapat menyatukan hati dan pikiran kami sehingga kami  bisa mengerti dan memahami apa yang akan di ajarkan oleh Guru kami. Amin.

·         Lagu pembuka
Indah Tanahku
1.      Indah tanahku indonesia, Bermandikan sinar indonesia
Betapa bersar cinta Tuhan, Kuasa-nya mengagumkan
Reff: Terpujilah Tuhan Allah, Ia mengangkat bangsaku sebagai rakyat-Nya Agar tanahku yang indah  Maju terus atas dasar pancasila

2.      Berkatilah bangsaku selalu, Jangan tinggalkan umat-Mu
Agar dalam upaya kami, Nampak cahaya Ilahi (Reff)
3.      Tunjukkanlah kuasa-Mu Tuhan, Bimbing kami dengan Iman
Agar sejahtera bersama , Menjiwai tiap karya (Reff)


·         Apersepsi
1.      Perkenalan
2.      Mengapsen siswa
3.      Mengingatkan pelajaran yang minggu lalu
4.      Menggali pengalaman siswa dengan beberapa pertanyaan

                              Pertanyaan :
-          Apa yang membuat tanah air itu indah ?
-          Dengan apa Tuhan membimbing kita menurut lagu tadi ?
-          Bagaimana harapan kita terhadap tanah air kita ?

5.      Mengulas dengan singkat garis-garis besar pelajaran yang akan di bahas dalam pertemuan ini.

B.     Bagian Inti (55 Menit)

1.      Eksplorasi (menggali pengalaman siswa)
·          Guru mengajak siswa untuk mendalami isi dari kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
·         Guru bertanya jawab atau berdialog dengan siswa  tentang bacaan kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).

2.      Elaborasi (membuat pemahaman kepada siswa)

“Kisah Bagsa Israel”
Bangsa israel adalah bangsa pilihan Allah ban bangsa yang paling di kasihi oleh Allah, namun karena bagsa isrel tidak taat kepada perintah Allah dan selalu melanggar perkataan Allah sehingga Allah marah kepada bangsa israel, Dan Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di babel. Selama bangsa isrel di tanah perbudakan di babel maka mereka sangat menderita dan menyesal akan kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel.  Dan mereka ingin kembali ke  tanah isrel. Nabi yeremia telah menebuatkan bahwa Allah itu penuh kasi setia. Mendengar perkataan itu maka bangsa isrel menyesal dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel tersebut.
Oleh karena penyesalan bangsa Israel, maka Allah mengutus raja koresy untuk menaklukkan bangsa babel. Sehingga bangsa isrel bisa keluar dari perbudakan bangsa babel. Sesudah keluar dari tanah perbudakan di babel, bangs isrel langsung kembali ke Yerusalem tanah bangsa israel. Dan mereka langsung ingin melakukan kewajiban-kewajiban ke Agamaan bangsa israel dengan sebaik-baiknya seperti yang diminta oleh para nabi.
Namun mereka mendapati kota Yerusalem dengan situasi yang masih berantakan. Tembok yerusalem, bait Allah serta bangunanya rata dengan tanah, danb sesampainya di Yerusalem timbul persoalan yang baru yaitu “ bagaimana harus membangunya kembali ?”. namun dengan bantuan Nehemia dan Ezra bersama bagsa israel mendirikan bait Allah, dimana bait Allah yang sekarang ini lebih besar dan lebih indah dari bait Allah yang sebelumnya.
Setelah membangun Bait Allah yang baru, Ezra bertugas untuk memimpin kembali ibadah yang seturut dengan kebiasaan bangsa Isreal, di dalam suasana ibadah Ezra juga membuka dan membaca sebagian dari kitab taurat musa sehingga bagsa israel semakin percaya kepada Allah. Dan ibadah itu di lakukan setiap Hari sehingga bangsa Israel semakin seturut dengan nasihat Allah. Dan akhirnya bangsa Israel kembali memperoleh kemakmurannya karena mereka sudah hidup sesuia dengan petunjuk dan perintah dari Allah.

·         Guru bertanya mengenai cerita bangsa israel, seperti :
ü  Apa yang terjadi terhadap bangsa Israel yang tidak hidup Taat kepada perintah Allah ?
ü  Siapa yang membantu bangsa Israel keluar dari tanah pembuang di Babel ?
ü  Sikap apa yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, sehingga Allah tidak marah kepada kita ?

3.      Konfirmasi (Guru dan siswa melakukan hubungan Tanya jawab)
ü  Melakukan Tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami seputar “ Allah penuh kasih setia”
ü  Meluruskan kembali materi-materi, memberi penguatan dan penyempurnaan mengenai materi yang dipelajari.





Kesimpulan

Ø  Bangsa israel adalah bangsa pilihan Allah atau denga kata lain bagsa israel adalah bangsa yang paling dikasihi Allah dari pada bangsa yang lainya.
Ø  Karena bangsa israel tidak taat kepada perintah Allah, maka Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di tanah babel. Di sana bangsa isrel sanga menderita dan ingin kembali ke Yerusalem.
Ø  Kerena Allah melihat penyesalan bangsa israel, Ia pun memberikan kemurahan hati –nya kepada bangsa israel. Dan menyuruh raja  Koresy untuk menaklukan bangsa babel dan mengeluarkan bangsa israel supaya kembali ke kota Yerusalem
Ø  Setelah di kota Yerusalem Nehemia dan Ezra dan juga bersama bangsa Israel kembali membangun bait Allah yang telah rata dengan Allah. Setelah mereka selesai membangun bait Allah tersenbut, bangsa israel kembali melakukan ibadah mereka seperti dahulu, dan semakin mempercai Allah. Dan akhirnya Allah kembali memberikan kemakmuran kepada bangsa Israel, karena mereka telah melakukan seturut denga apa yang telah di perintahkan Allah kepada bangsa Israel.
Ø  Dan hal yang dapat kita renungkan adalah sebesar apapun kesalah kita kepada Allah Ia akan tetap megasihi kita, dan ketika kita mau bertobat dan kembali kepada Allah. Maka Allah akan dengan sangat senang menerima kita kembali dan mengampuni segala kesalahan kita.

C.     Kegiatan Penutup (15 Menit)
·         Guru memberikan Tugas kepada Siswa.
·         Doa Penutup (dibawakan oleh seorang siswa)
Ya Tuhan, kami berterima kasih atas segala cinta kasih-Mu kepada kami dari Awal hingga akhir pelajaran kami ini, semoga apa yang telah di ajarkan Guru kepada kami dapat bermanfaat bagi kehidupan kami, demi kristus Tuhan kami, Amin.

Sumber Belajar
ü  Teks Kitab Suci ( Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12)
ü  Buku paket siswa “ Bersahabat dengan Yesus” PAK siswa SD Kelas VI hal. 57- 63 penerbit Bina Media Perintis.
Media
ü  Lagu

Format Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
Mengetahui bahwa  Allah penuh kasih setia
Refleksi
Uraian
Jelaskan makna  kasih setia  dari Allah

Menjelaskan makna kasih setia Allah
Tes tertulis
Uraian
Apa-apa yang harus kita lakukan supaya mendapatkan kasih setia dari Allah

Menyebutkan siapa saja yang berperan dalam kisah bangsa israel
Tes tertulis



UNJUK KERJA
Uraian
Ceritakan penglaman mu akan Allah penuh kasih setia





FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Rentang Penilaian:
0-50                
60-74
75-79
Ketuntasan:
80-89
90-100



FORMAT PENILAIAN KEPRIBADIAN
No.
Nama Siswa
Religious
Instropeksi Diri
Bertobat
A
B
C
D
E
A
B
C
D
E
A
B
C
D
E







































































Mengetahui
                                                                                         
KepalaSekolah                                                                                    Guru Mata pelajaran



NIP:                                                                                                    NIP:

No comments:

Post a Comment

Pendidikan dan pengajaran agama katolik

Hanya Debulah Aku Di Alas Kakimu Tuhan Cover Tiga Juhar