RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
VIII
ALLAH
PENUH KASIH SETIA
Nama Sekolah : SD N. 1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran
: Pendidikan Agama Katolik
Materi Pokok : Allah Penuh Kasih Setia
Kelas/
Semester : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Lokasi Waktu : 2
X 35 Menit
Standar Kompetensi :
Memahami
kisah bangsa israel yang di buang oleh Allah ke tanah pembuan di babel,
akibat tidak setia atau taat kepada perintah Allah. Namun karena berasrnya Kasih Allah, Ia pun mengampuni segala
kesalahan dan pelamggaran bansa Israel dan memberikan kemakmuran bagi bangsa
Israel.
Kompetensi Dasar :
Menetahui bahwa Allah penuh kasih setia kepada orang
israel dan mengasihi orang yang menyesali kesalahannya dan mau kembali kepada
perintah-perintah Allah.
Tujuan
Pembelajaran :
Siswa di harapkan mampu:
ü Menceritakan kisah bangsa Israel yang di buang ke babael.
ü Merubah sikap menjadi pribadi yang lebih baik lagi
seturut perintah Allah.
ü Menunjukkan perubahan Sikap seperti yang di inginkan oleh
Allah di lingkuan sekolah, dan
lingkungan rumah.
Karakter
Siswa Yang Diharapkan :
ü Religius
ü Bertobat
ü Mengenal cinta kasih Allah
Materi
Ajar :
“Allah Penuh
Kasih Setia”
Metode
Pembelajaran :
ü
Ceramah
ü Cerita
ü Tanya jawab
ü Pemberian tugas
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran:
A.
Kegiatan Pembelajaran (10 Menit)
·
Doa Pembuka (dibawakan oleh salah seorang siswa)
Ya Tuhan yang
Maharahim, kami berterimakasih kepada-Mu karena kami masih dapat berkumpul di
tempat ini dengan keadaan sehat. Semoga kami dapat menyatukan hati dan pikiran
kami sehingga kami bisa mengerti dan
memahami apa yang akan di ajarkan oleh Guru kami. Amin.
·
Lagu pembuka
“
Indah Tanahku ”
1.
Indah tanahku
indonesia, Bermandikan
sinar indonesia
Betapa bersar cinta
Tuhan, Kuasa-nya
mengagumkan
Reff: Terpujilah Tuhan Allah, Ia mengangkat bangsaku sebagai rakyat-Nya
Agar tanahku yang indah Maju
terus atas dasar pancasila
2.
Berkatilah bangsaku
selalu, Jangan
tinggalkan umat-Mu
Agar dalam upaya
kami, Nampak
cahaya Ilahi (Reff)
3.
Tunjukkanlah
kuasa-Mu Tuhan, Bimbing
kami dengan Iman
Agar sejahtera bersama ,
Menjiwai tiap karya (Reff)
·
Apersepsi
1.
Perkenalan
2.
Mengapsen siswa
3.
Mengingatkan pelajaran yang
minggu lalu
4.
Menggali pengalaman siswa
dengan beberapa pertanyaan
Pertanyaan :
-
Apa yang membuat tanah air
itu indah ?
-
Dengan apa Tuhan membimbing
kita menurut lagu tadi ?
-
Bagaimana harapan kita
terhadap tanah air kita ?
5.
Mengulas dengan singkat garis-garis
besar pelajaran yang akan di bahas dalam pertemuan ini.
B.
Bagian Inti (55 Menit)
1.
Eksplorasi (menggali pengalaman siswa)
·
Guru mengajak siswa untuk mendalami isi dari
kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
·
Guru bertanya jawab atau berdialog
dengan siswa tentang bacaan kitab
Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
2.
Elaborasi
(membuat pemahaman kepada siswa)
“Kisah Bagsa Israel”
Bangsa israel
adalah bangsa pilihan Allah ban bangsa yang paling di kasihi oleh Allah, namun
karena bagsa isrel tidak taat kepada perintah Allah dan selalu melanggar
perkataan Allah sehingga Allah marah kepada bangsa israel, Dan Allah membuang
bangsa israel ke tanah perbudakan di babel. Selama bangsa isrel di tanah
perbudakan di babel maka mereka sangat menderita dan menyesal akan kesalahan
yang telah di lakukan oleh bangsa isrel. Dan
mereka ingin kembali ke tanah isrel.
Nabi yeremia telah menebuatkan bahwa Allah itu penuh kasi setia. Mendengar
perkataan itu maka bangsa isrel menyesal dan berjanji tak akan mengulangi
kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel tersebut.
Oleh karena
penyesalan bangsa Israel, maka Allah mengutus raja koresy untuk menaklukkan
bangsa babel. Sehingga bangsa isrel bisa keluar dari perbudakan bangsa babel.
Sesudah keluar dari tanah perbudakan di babel, bangs isrel langsung kembali ke
Yerusalem tanah bangsa israel. Dan mereka langsung ingin melakukan
kewajiban-kewajiban ke Agamaan bangsa israel dengan sebaik-baiknya seperti yang
diminta oleh para nabi.
Namun mereka
mendapati kota Yerusalem dengan situasi yang masih berantakan. Tembok
yerusalem, bait Allah serta bangunanya rata dengan tanah, danb sesampainya di
Yerusalem timbul persoalan yang baru yaitu “ bagaimana harus membangunya
kembali ?”. namun dengan bantuan Nehemia dan Ezra bersama bagsa israel
mendirikan bait Allah, dimana bait Allah yang sekarang ini lebih besar dan
lebih indah dari bait Allah yang sebelumnya.
Setelah membangun
Bait Allah yang baru, Ezra bertugas untuk memimpin kembali ibadah yang seturut
dengan kebiasaan bangsa Isreal, di dalam suasana ibadah Ezra juga membuka dan
membaca sebagian dari kitab taurat musa sehingga bagsa israel semakin percaya
kepada Allah. Dan ibadah itu di lakukan setiap Hari sehingga bangsa Israel
semakin seturut dengan nasihat Allah. Dan akhirnya bangsa Israel kembali
memperoleh kemakmurannya karena mereka sudah hidup sesuia dengan petunjuk dan
perintah dari Allah.
·
Guru
bertanya mengenai cerita bangsa israel, seperti :
ü Apa yang terjadi terhadap bangsa Israel yang tidak hidup
Taat kepada perintah Allah ?
ü Siapa yang membantu bangsa Israel keluar dari tanah
pembuang di Babel ?
ü Sikap apa yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, sehingga
Allah tidak marah kepada kita ?
3.
Konfirmasi
(Guru dan siswa melakukan hubungan Tanya jawab)
ü
Melakukan
Tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami seputar “ Allah penuh kasih setia”
ü
Meluruskan kembali materi-materi, memberi penguatan dan penyempurnaan
mengenai materi yang dipelajari.
Kesimpulan
Ø
Bangsa israel adalah bangsa
pilihan Allah atau denga kata lain bagsa israel adalah bangsa yang paling
dikasihi Allah dari pada bangsa yang lainya.
Ø Karena bangsa israel tidak taat kepada perintah Allah,
maka Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di tanah babel. Di sana
bangsa isrel sanga menderita dan ingin kembali ke Yerusalem.
Ø Kerena Allah melihat penyesalan bangsa israel, Ia pun
memberikan kemurahan hati –nya kepada bangsa israel. Dan menyuruh raja Koresy untuk menaklukan bangsa babel dan
mengeluarkan bangsa israel supaya kembali ke kota Yerusalem
Ø Setelah di kota Yerusalem Nehemia dan Ezra dan juga
bersama bangsa Israel kembali membangun bait Allah yang telah rata dengan Allah.
Setelah mereka selesai membangun bait Allah tersenbut, bangsa israel kembali
melakukan ibadah mereka seperti dahulu, dan semakin mempercai Allah. Dan
akhirnya Allah kembali memberikan kemakmuran kepada bangsa Israel, karena
mereka telah melakukan seturut denga apa yang telah di perintahkan Allah kepada
bangsa Israel.
Ø Dan hal yang dapat kita renungkan adalah sebesar apapun
kesalah kita kepada Allah Ia akan tetap megasihi kita, dan ketika kita mau
bertobat dan kembali kepada Allah. Maka Allah akan dengan sangat senang
menerima kita kembali dan mengampuni segala kesalahan kita.
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
·
Guru memberikan Tugas kepada Siswa.
·
Doa Penutup (dibawakan oleh seorang siswa)
Ya Tuhan, kami
berterima kasih atas segala cinta kasih-Mu kepada kami dari Awal hingga akhir
pelajaran kami ini, semoga apa yang telah di ajarkan Guru kepada kami dapat
bermanfaat bagi kehidupan kami, demi kristus Tuhan kami, Amin.
Sumber Belajar
ü Teks Kitab Suci ( Yeremia 29:10-11,
Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12)
ü Buku paket siswa “ Bersahabat dengan
Yesus” PAK siswa SD Kelas VI hal. 57- 63 penerbit Bina Media Perintis.
Media
ü Lagu
Format Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Mengetahui bahwa
Allah penuh kasih setia
|
Refleksi
|
Uraian
|
Jelaskan makna kasih
setia dari Allah
|
Menjelaskan makna kasih setia Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Apa-apa yang
harus kita lakukan supaya mendapatkan kasih setia dari Allah
|
Menyebutkan siapa saja yang berperan dalam kisah bangsa israel
|
Tes tertulis
UNJUK KERJA
|
Uraian
|
Ceritakan
penglaman mu akan Allah penuh
kasih setia
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
Rentang
Penilaian:
0-50
60-74
75-79
Ketuntasan:
80-89
90-100
FORMAT
PENILAIAN KEPRIBADIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Religious
|
Instropeksi Diri
|
Bertobat
|
||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
Mengetahui
KepalaSekolah
Guru Mata pelajaran
NIP: NIP:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB
VIII
ALLAH
PENUH KASIH SETIA
Nama Sekolah : SD N. 1 Tanah Pinem
Mata Pelajaran
: Pendidikan Agama Katolik
Materi Pokok : Allah Penuh Kasih Setia
Kelas/
Semester : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Lokasi Waktu : 2
X 35 Menit
Standar Kompetensi :
Memahami
kisah bangsa israel yang di buang oleh Allah ke tanah pembuan di babel,
akibat tidak setia atau taat kepada perintah Allah. Namun karena berasrnya Kasih Allah, Ia pun mengampuni segala
kesalahan dan pelamggaran bansa Israel dan memberikan kemakmuran bagi bangsa
Israel.
Kompetensi Dasar :
Menetahui bahwa Allah penuh kasih setia kepada orang
israel dan mengasihi orang yang menyesali kesalahannya dan mau kembali kepada
perintah-perintah Allah.
Tujuan
Pembelajaran :
Siswa di harapkan mampu:
ü Menceritakan kisah bangsa Israel yang di buang ke babael.
ü Merubah sikap menjadi pribadi yang lebih baik lagi
seturut perintah Allah.
ü Menunjukkan perubahan Sikap seperti yang di inginkan oleh
Allah di lingkuan sekolah, dan
lingkungan rumah.
Karakter
Siswa Yang Diharapkan :
ü Religius
ü Bertobat
ü Mengenal cinta kasih Allah
Materi
Ajar :
“Allah Penuh
Kasih Setia”
Metode
Pembelajaran :
ü
Ceramah
ü Cerita
ü Tanya jawab
ü Pemberian tugas
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran:
A.
Kegiatan Pembelajaran (10 Menit)
·
Doa Pembuka (dibawakan oleh salah seorang siswa)
Ya Tuhan yang
Maharahim, kami berterimakasih kepada-Mu karena kami masih dapat berkumpul di
tempat ini dengan keadaan sehat. Semoga kami dapat menyatukan hati dan pikiran
kami sehingga kami bisa mengerti dan
memahami apa yang akan di ajarkan oleh Guru kami. Amin.
·
Lagu pembuka
“
Indah Tanahku ”
1.
Indah tanahku
indonesia, Bermandikan
sinar indonesia
Betapa bersar cinta
Tuhan, Kuasa-nya
mengagumkan
Reff: Terpujilah Tuhan Allah, Ia mengangkat bangsaku sebagai rakyat-Nya
Agar tanahku yang indah Maju
terus atas dasar pancasila
2.
Berkatilah bangsaku
selalu, Jangan
tinggalkan umat-Mu
Agar dalam upaya
kami, Nampak
cahaya Ilahi (Reff)
3.
Tunjukkanlah
kuasa-Mu Tuhan, Bimbing
kami dengan Iman
Agar sejahtera bersama ,
Menjiwai tiap karya (Reff)
·
Apersepsi
1.
Perkenalan
2.
Mengapsen siswa
3.
Mengingatkan pelajaran yang
minggu lalu
4.
Menggali pengalaman siswa
dengan beberapa pertanyaan
Pertanyaan :
-
Apa yang membuat tanah air
itu indah ?
-
Dengan apa Tuhan membimbing
kita menurut lagu tadi ?
-
Bagaimana harapan kita
terhadap tanah air kita ?
5.
Mengulas dengan singkat garis-garis
besar pelajaran yang akan di bahas dalam pertemuan ini.
B.
Bagian Inti (55 Menit)
1.
Eksplorasi (menggali pengalaman siswa)
·
Guru mengajak siswa untuk mendalami isi dari
kitab Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
·
Guru bertanya jawab atau berdialog
dengan siswa tentang bacaan kitab
Yeremia 29:10-11, Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12).
2.
Elaborasi
(membuat pemahaman kepada siswa)
“Kisah Bagsa Israel”
Bangsa israel
adalah bangsa pilihan Allah ban bangsa yang paling di kasihi oleh Allah, namun
karena bagsa isrel tidak taat kepada perintah Allah dan selalu melanggar
perkataan Allah sehingga Allah marah kepada bangsa israel, Dan Allah membuang
bangsa israel ke tanah perbudakan di babel. Selama bangsa isrel di tanah
perbudakan di babel maka mereka sangat menderita dan menyesal akan kesalahan
yang telah di lakukan oleh bangsa isrel. Dan
mereka ingin kembali ke tanah isrel.
Nabi yeremia telah menebuatkan bahwa Allah itu penuh kasi setia. Mendengar
perkataan itu maka bangsa isrel menyesal dan berjanji tak akan mengulangi
kesalahan yang telah di lakukan oleh bangsa isrel tersebut.
Oleh karena
penyesalan bangsa Israel, maka Allah mengutus raja koresy untuk menaklukkan
bangsa babel. Sehingga bangsa isrel bisa keluar dari perbudakan bangsa babel.
Sesudah keluar dari tanah perbudakan di babel, bangs isrel langsung kembali ke
Yerusalem tanah bangsa israel. Dan mereka langsung ingin melakukan
kewajiban-kewajiban ke Agamaan bangsa israel dengan sebaik-baiknya seperti yang
diminta oleh para nabi.
Namun mereka
mendapati kota Yerusalem dengan situasi yang masih berantakan. Tembok
yerusalem, bait Allah serta bangunanya rata dengan tanah, danb sesampainya di
Yerusalem timbul persoalan yang baru yaitu “ bagaimana harus membangunya
kembali ?”. namun dengan bantuan Nehemia dan Ezra bersama bagsa israel
mendirikan bait Allah, dimana bait Allah yang sekarang ini lebih besar dan
lebih indah dari bait Allah yang sebelumnya.
Setelah membangun
Bait Allah yang baru, Ezra bertugas untuk memimpin kembali ibadah yang seturut
dengan kebiasaan bangsa Isreal, di dalam suasana ibadah Ezra juga membuka dan
membaca sebagian dari kitab taurat musa sehingga bagsa israel semakin percaya
kepada Allah. Dan ibadah itu di lakukan setiap Hari sehingga bangsa Israel
semakin seturut dengan nasihat Allah. Dan akhirnya bangsa Israel kembali
memperoleh kemakmurannya karena mereka sudah hidup sesuia dengan petunjuk dan
perintah dari Allah.
·
Guru
bertanya mengenai cerita bangsa israel, seperti :
ü Apa yang terjadi terhadap bangsa Israel yang tidak hidup
Taat kepada perintah Allah ?
ü Siapa yang membantu bangsa Israel keluar dari tanah
pembuang di Babel ?
ü Sikap apa yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, sehingga
Allah tidak marah kepada kita ?
3.
Konfirmasi
(Guru dan siswa melakukan hubungan Tanya jawab)
ü
Melakukan
Tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami seputar “ Allah penuh kasih setia”
ü
Meluruskan kembali materi-materi, memberi penguatan dan penyempurnaan
mengenai materi yang dipelajari.
Kesimpulan
Ø
Bangsa israel adalah bangsa
pilihan Allah atau denga kata lain bagsa israel adalah bangsa yang paling
dikasihi Allah dari pada bangsa yang lainya.
Ø Karena bangsa israel tidak taat kepada perintah Allah,
maka Allah membuang bangsa israel ke tanah perbudakan di tanah babel. Di sana
bangsa isrel sanga menderita dan ingin kembali ke Yerusalem.
Ø Kerena Allah melihat penyesalan bangsa israel, Ia pun
memberikan kemurahan hati –nya kepada bangsa israel. Dan menyuruh raja Koresy untuk menaklukan bangsa babel dan
mengeluarkan bangsa israel supaya kembali ke kota Yerusalem
Ø Setelah di kota Yerusalem Nehemia dan Ezra dan juga
bersama bangsa Israel kembali membangun bait Allah yang telah rata dengan Allah.
Setelah mereka selesai membangun bait Allah tersenbut, bangsa israel kembali
melakukan ibadah mereka seperti dahulu, dan semakin mempercai Allah. Dan
akhirnya Allah kembali memberikan kemakmuran kepada bangsa Israel, karena
mereka telah melakukan seturut denga apa yang telah di perintahkan Allah kepada
bangsa Israel.
Ø Dan hal yang dapat kita renungkan adalah sebesar apapun
kesalah kita kepada Allah Ia akan tetap megasihi kita, dan ketika kita mau
bertobat dan kembali kepada Allah. Maka Allah akan dengan sangat senang
menerima kita kembali dan mengampuni segala kesalahan kita.
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
·
Guru memberikan Tugas kepada Siswa.
·
Doa Penutup (dibawakan oleh seorang siswa)
Ya Tuhan, kami
berterima kasih atas segala cinta kasih-Mu kepada kami dari Awal hingga akhir
pelajaran kami ini, semoga apa yang telah di ajarkan Guru kepada kami dapat
bermanfaat bagi kehidupan kami, demi kristus Tuhan kami, Amin.
Sumber Belajar
ü Teks Kitab Suci ( Yeremia 29:10-11,
Nehemia 7:73, Nehemia 8:1-7,10-12)
ü Buku paket siswa “ Bersahabat dengan
Yesus” PAK siswa SD Kelas VI hal. 57- 63 penerbit Bina Media Perintis.
Media
ü Lagu
Format Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Mengetahui bahwa
Allah penuh kasih setia
|
Refleksi
|
Uraian
|
Jelaskan makna kasih
setia dari Allah
|
Menjelaskan makna kasih setia Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Apa-apa yang
harus kita lakukan supaya mendapatkan kasih setia dari Allah
|
Menyebutkan siapa saja yang berperan dalam kisah bangsa israel
|
Tes tertulis
UNJUK KERJA
|
Uraian
|
Ceritakan
penglaman mu akan Allah penuh
kasih setia
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
Rentang
Penilaian:
0-50
60-74
75-79
Ketuntasan:
80-89
90-100
FORMAT
PENILAIAN KEPRIBADIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Religious
|
Instropeksi Diri
|
Bertobat
|
||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
Mengetahui
KepalaSekolah
Guru Mata pelajaran
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment