Wednesday, October 14, 2020

Pembelajaran tentang Komuni (Sambut Pertama)

 

MENJADI KATOLIK

BERIMAN KATOLIK BERAGAMA KATOLIK


Menjadi Katolik, beriman katolik, beragama katolik atau beriman kepada Yesus Kristus berarti orang diajak untuk mengambil sikap tertentu dalam diri dan kehidupannya, dengan cara meninggalkan dunianya yang lama dan berani untuk mengarahkan hidup dalam dunia baru. Menjadi Katolik tidak hanya hidup baru dengan agama Katolik dan ajaran Katolik,

tetapi menjadi manusia yang sungguh-sungguh baru. Menjadi orang beriman Katolik berarti menjadi percaya dan menyerahkan dirinya secara utuh dan penuh kepada Yesus Kristus.

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang" (2Kor 5:17)

Komuni (dalam bahasa Inggris: communion, dari bahasa Latin: communio yang berarti "berbagi bersama") dalam kekristenan memiliki beberapa makna. Istilah ini dapat merujuk kepada:

  • Komuni (Kristen), hubungan antara kaum Kristen sebagai individu maupun Gereja.
  • Sebuah kelompok dari gereja-gereja atau denominasi Kristen yang saling berhubungan.
  • Perayaan Ekaristi (Katolik) atau Perjamuan Kudus (Protestan). Sebuah peringatan (ritus) yang dilaksanakan seluruh kaum Kristiani untuk memenuhi perintah Yesus dalam Perjamuan Malam Terakhir untuk diperbuat sebagai peringatan akan Dia.
  • Komuni Penuh, sebuah istilah eklesiologi Kristen untuk menggambarkan hubungan-hubungan antara dua komunitas atau Gereja Kristen yang berbeda, sambil memelihara beberapa keterpisahan identitas, mengakui satu sama lain bahwa masing-masing mengambil bagian dalam komuni (persekutuan) yang sama dan doktrin-doktrin esensial yang sama.

Istilah komuni dalam Gereja Katolik (secara umum):

  • Upacara Komuni dalam Misa, bagian dari perayaan Ekaristi, di mana roti dan anggur yang telah dikonsekrasi kemudian dibagikan kepada umat yang beriman.
  • Komuni Kudus dalam umat Katolik adalah roti dan anggur yang telah dikonsekrasi dan dibagikan dalam misa. Dengan demikian, menerima roti/anggur tersebut biasanya disebut "menerima komuni" atau "menyambut komuni" kudus. Istilah "komuni kudus" ini seringkali hanya disingkat sebagai "komuni" saja.
  • Komuni Pertama adalah istilah untuk penerimaan komuni (roti dan anggur yang telah dikonsekrasi)pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara Katolik. Menurut peraturan Gereja, Komuni Pertama untuk anak-anak hanya boleh diterima oleh anak-anak yang sudah dibaptis dan dipersiapkan untuk menyambut (menerima) komuni kudus. baca: 100 Tahun Dokumen Betapa Istimewanya (Quam Singulari)

2. Mengenal kembali 7 (tujuh) Sakramen dalam Gereja Katolik

artikel 1 . Materi Dasar Sakramen Baptis

Baptisan dan hidup baru

Banyak orang Protestan mengatakan dan percaya bahwa Babtis hanya sebuah simbol. Dalam Gereja Katolik Babtisan tidak hanya sebagai simbol tetapi adalah sebuah sakramen. Babtisan (menurut Gereja Katolik) membuat kita lahir baru. Dasar kitab suci dari ajaran tentang babtis ini cukup banyak antara lain:

Yohanes 3:5 "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah" pada ayat ini Yesus menekankan pentingnya Babtis sebagai jalan untuk masuk dalam Kerajaan Allah.

dalam Kis 2:38 St. Petrus mengatakan "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus." St. Petrus menekankan perlunya Babtis untuk pengampunan dosa dan syarat untuk menerima karunia Roh Kudus.

St. Paulus dalam Titus 3:5 "pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus" lalu dalam Kis 22:16 "Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!"

No comments:

Post a Comment

Pendidikan dan pengajaran agama katolik

Hanya Debulah Aku Di Alas Kakimu Tuhan Cover Tiga Juhar