Monday, December 26, 2016

Pewarta gereja sebagai sumber iman

Latar belakang
    Istilah kata Teologi atau theologia berasal dari bahasa Yunani, ( logos ) arti  ialah ilmu dan ( Theos ) tentang Allah. Arti teologi menurut makna etimologis, arti teologi dapat sempit dan bisa luas. Secara sempit, teologi berarti “Ajaran tentang Allah” sedangkan secara luas, teologi berarti “ Kesulurahan ajaran Kristen”.
   Teologia sistematika merupakan sebuah alat penting untuk menolong kita mengerti dan mengajarkan Alkitab dengan cara yang teroganisir/Tersusun.untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang menjadi bentuk  hubungan dari pengertian Teologi dalam ruang lingkup Iman yang menjadi sumber dari Alkitab,Dogmatik katolik, dan juga melalui Moral.
  
Jenis-jenis Iman 

v Iman Historis
v Iman Mujizat
vIman Sementara
vIman yang Benar dan Menyelamatkan

Dogmatika dalam iman

      Dogma adalah suatu pengajaran resmi dari gereja. Terkait dengan Teologi dogmatis yang merupakan usaha untuk percaya kekristenan. "Aku percaya, itulah sebabnya Aku berfirman," (Mazmur 115:1).  Dan Tuhan Yesus Kristus mengungkapkan rahasia-rahasia Kerajaan Allah kepada murid-murid-Nya setelah mereka percaya kepada-Nya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Engkau berkata-kata tentang kehidupan kekal. Dan kami percaya dan yakin bahwa Engkaulah Kristus, Anak Allah yang hidup "(Yohanes 6:68 69).

Teologi moral KatoliK
     
     Merupakan sebuah kategori besar dari doktrin di dalam , gereja katolik roma sejajar dengan sebuah etika religius. Teologi moral meliputi ajaran sosial, etika medis, etika seksual dan berbagai doktrin  terhadap kebajikan moral dan teori moral individu.

Pendekatan Pada Teologi Moral 

     Dalam sebuah pendekatan , moralitas adalah penelitian atas bagaimana seseorang akan bertindak  dalam hubungannya dengan hukum-hukum yang dibentuk oleh iman. Dalam sebuah pendekatan , "bagaimana seseorang akan bertindak" berhubungan dengan tujuan akhir yang juga dibentuk oleh iman.

Kesimpulan 
      
     Teologi dapat diartikan sebagai alat untuk pengajaran alkitab yang tersusun,dan memiliki sifat-sifat. Teologi sistematika memiliki makna yg sangat bersangkutan dengan iman yang pembagiannya dengan beberap jenis iman.Dogmatika,dengan dogma pewarta iman dapat dengan resmi untuk pengajaran tentang mendalami kitab suci.teologi juga memiliki moral dari doktrin di dalam gereja katolik.




No comments:

Post a Comment

Pendidikan dan pengajaran agama katolik

Hanya Debulah Aku Di Alas Kakimu Tuhan Cover Tiga Juhar